RSS

Apa Hubungan Lomba Makan Kerupuk dan Kemerdekaan?

09 Aug

Peringatan Hari Kemerdekaan yang jatuh tiap 17 Agustus, seringkali diisi dengan beragam perlombaan. Kalau dulu sih satu bulan sebelum 17 Agustus kampung-kampung sudah pada bikin panitia 17-an yang tugasnya mengadakan aneka kegiatan, mulai dari aksi jalan sehat, pasar murah, panggung gembira, aneka lomba, sampai acara tumpengan di malam menjelang 17 Agustus. Tapi, tahun ini sepertinya absen dulu ya gan.. Secara Idul Fitri jatuh dua hari setelah perayaan kemerdekaan (eh, padahal dulu 17 Agustus 1945 jatuh di bulan Ramadan lho, tapi orang masih kuat tuh ikut upacara bendera… #eh, lagi)

Sebagai mantan panitia 17-an berpuluh-puluh tahun lalu (halah!), saya akan mencoba menganalisa makna lomba yang sering diadakan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan tersebut. Sambil nyontek sumber dari sana-sini, sebagai tambahan, boleh ya..

Lomba Makan Kerupuk. Lomba ini paling sering diadakan di event 17-an. Kendati terlihat sepele, karena kerupuk harganya murah (gak murah-murah amat sih, sekarang di Jakarta harganya Rp1.500 per dua biji), perlombaan ini mengajarkan untuk tidak melupakan kesulitan pangan yang pernah dihadapi para pejuang dan rakyat Indonesia pada saat perang. Gak usah jauh-jauh, sekarang juga sama sih, apa-apa mahal… :(

Lomba Balap Karung. Perlombaan ini mengajarkan arti pentingnya kemerdekaan. Berlari dengan karung yang membebat kaki sama halnya dengan tiadanya kebebasan melangkah jika berada di bawah belenggu penjajahan. Kalau sekarang, karung mungkin bisa dimaknai dengan kemiskinan dan birokrat korup yang justru mempersulit langkah rakyatnya kali ya? :D

Lomba Tarik Tambang. Selain mengajarkan makna kerja keras dan persatuan dalam meraih tujuan, perlombaan ni juga mengajarkan pentingnya keyakinan dalam mencapai kemenangan dan pentingnya adu otot. Jaman sekarang nih, kalau kita nggak ngotot, nggak berjuang ekstra keras, nggak akan bisa mencapai keberhasilan. Musuh kita bukan lagi Belanda, tapi komptitor kita – yang bisa aja itu teman kita sendiri :)

Lomba Panjat Pinang. Dahulu, panjat pinang diadakan oleh orang Belanda saat perayaan dengan hadiah seperti keju, gula, dan kemeja. Perlombaan ini pun bisa dilambangkan sebagai pentingnya semangat kebersamaan dan kerja sama mencapai tujuan. Mudah-mudahan saja, kegiatan menginjak kepala teman, yang seharusnya diartikan sebagai sebuah semangat kebersamaan, bukan diartikan sebagai diperbolehkannya menginjak-injak (harga diri) orang lain ;)

About these ads
 
9 Comments

Posted by on August 9, 2012 in Random Thought

 

Tags: , ,

9 responses to “Apa Hubungan Lomba Makan Kerupuk dan Kemerdekaan?

  1. zainal

    August 16, 2012 at 4:48 pm

    tulisan diblog ini bagus2..
    Tapi kok sepi ya. . ..

    Salam kenal..

     
    • naningisme

      August 18, 2012 at 3:57 am

      Makasih.. Sepi karena jarang yang komen mas, tapi jumlah pembaca dan follower-nya lumayan hehehehe… Ayo, ayo ikutan meramaikan blogku :) Salam kenal juga. Enjoy reading!

       
  2. naningisme

    August 18, 2013 at 12:18 am

    Untuk mengetahui arti lomba-lomba di sekitar peringatan 17 Agustus-an, bisa cek di http://www.duniaku.net/2013/08/17/lomba-lomba-yang-identik-dengan-perayaan-17-agustus/ . Penulisnya ternyata satu almamater ama aku hihihi.. Halo, mas Reza!

     
  3. manusia plig sbr:D

    July 14, 2014 at 10:06 pm

    jdi gk sbar nunggu 17 agustus thn 2014 yg ke 69 hri/tgl(senin,14-juli 2014)

     
  4. Lucky

    August 31, 2014 at 1:43 pm

    wah bagus juga tulisannnya,gw baru kepikiran

     
    • naningisme

      September 3, 2014 at 6:08 pm

      Thanks. Ini yang dinamakan think out of the box hehehe.. :D

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 81 other followers

%d bloggers like this: