RSS

Silaturahmi

15 Jul

Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia.
Dahulu, untuk bertukar kabar, manusia menggunakan jasa merpati pos. Alhasil, nenek moyang kita butuh berjam-jam, bahkan berhari-hari, sebelum menerima kabar dari kerabat atau kolega yang tinggal di seberang. Mhm, pikiran saya pun melayang ke Hedwig, si burung hantu di novel/film Harry Potter.
Zaman pun berganti, peran Merpati Pos pun ‘disambar’ Pak Pos.
Meski Pak Pos masih bertugas hingga kini, penemuan telepon menjadi titik balik cara manusia berkomunikasi.
Saya masih ingat, dulu, ayah saya harus sabar menunggu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan sambungan kabel telepon di rumah. Dan, ketika pertama kali telepon rumah berdering, saya sampai melonjak kegirangan! Senang rasanya bisa terhubung dengan dunia luar, dengan cepat dan mudah.
Tapi, saat ini semua sudah berubah. Meski tidak semua rumah di Indonesia memiliki sambungan telepon tetap dengan kabel (Public Switched Telephone Network, PSTN), masyarakat sudah mendapatkan akses telekomunikasi. Kini, setiap orang setidaknya memiliki satu nomor telepon selular (ponsel) yang bisa dihubungi.
Manusia makin mudah bertukar kabar dengan para kerabat atau koleganya, meski terpisah jarak dan waktu, tanpa perlu harap-harap cemas menunggu kedatangan Merpati Pos atau Pak Pos.
Lucunya, kalau zaman dahulu jarak menjadi hambatan komunikasi, kini kemacetan menjadi biang keladi kemalasan manusia (terutama yang berada di perkotaan) untuk beranjang sana.
Kalau melihat kemacetan mengular, rasa enggan ke luar rumah/kantor langsung mendera. Kalau sudah begini, biasanya saya memilih untuk memanfaatkan “kehebatan” teknologi telekomunikasi. Cukup angkat telepon, kirim SMS atau e-mail, atau berbalas kabar tertulis via instant messenger, urusan silaturahmi 80% beres. Tentu saja, 20% sisanya rasanya tak afdol jika silaturahmi dilakukan tanpa bertemu muka, apalagi jika menyangkut hal-hal amat krusial.
Menariknya, bagi sebagian entrepreneur, kemacetan lalu lintas justru menjadi tambang emas bisnisnya. Nggak percaya? Baca saja postingan selanjutnya ^_^

 
Leave a comment

Posted by on July 15, 2010 in Random Thought

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: