RSS

“Sateeee….”

21 Jul

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis TV swasta nasional di Gedung Putih, Presiden AS Barack Obama dengan amat fasih menirukan suara teriakan orang jual sate, “Sateee…”

Ya, suara teriakan “Sateee..”, dok-dok tukang nasi goreng, tuk-tuk (atau teng-teng) tukang bakso, krek-krreek tukang patri, nung-nung tukang es lilin, ning-nong-ning-nong (atau neng-neng-neng-neng) perlintasan kereta api, “hu tahuu..” tukang tahu, jingle Susu Nasional, atau jingle Es Krim Walls berhasil menggoda ruang dengarku dan diam-diam menyusup ke lorong memoriku.

Suara-suara itu selalu mengingatkanku akan negeriku Indonesia.

Namun, ada satu suara yang menurutku adalah cerminan jaminan keamanan negeri ini, yakni suara benturan batu ke tiang listrik sebagai penanda jam.

Satu suara benturan “Teng…”, berarti jam 1 malem, “Teng.. teng..” berarti jam 2 malem. Biasanya sih yang iseng mukulin tiang listrik malem-malem itu adalah bapak-bapak yang lagi kena giliran ronda.

Kalo Anda mendengar suara itu, positive thinking aja lah kalo maling TV (yang biasanya selalu digambarkan berpakaian hitam, kupluk hitam yang menutupi wajah, plus sarung buluk buat mbuntel TV  curian) gak bakal beroperasi malam itu. Sebab, di poskamling ada bapak-bapak yang sukarela menjaga keamanan kampung. *Hm, gak sukarela juga sih benernya.. Daripada dipelototin pak RT hehe..*

Oleh karena bapak-bapak ronda itu bukan ‘orang profesional’ (baca: bukan anggota security dari perusahaan penyedia jasa pengamanan), insiden benturan batu ke tiang listrik bakal berakhir pada pukulan keempat, “Teng.. teng.. teng.. teng..”. Itu artinya, udah jam 4 pagi, udah mau Subuh. Bapak-bapak ronda udah mau pulang. Soalnya besok harus berangkat kantor hahaha..

Namun, kalau tadi kita bicara suara artifisial – yang dibikin oleh manusia, ada satu suara hewan yang selalu bikin aku kangen dengan negeriku ini: “ngkrik.. ngkrik..” suara jangkrik!

Boro-boro di luar negeri, suara jangkrik udah mulai jarang terdengar di kota-kota besar di Indonesia. Padahal, bagiku, suara jangkrik adalah ‘sound therapy‘ biar cepet tidur lelap. Zzzz…

 
Leave a comment

Posted by on July 21, 2010 in Random Thought

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: