RSS

Everything Seems Smaller…

13 Sep

When you finally go back to your old hometown, you find it wasn’t the old home you missed, but your childhood.

(Sam Ewing)

Hari ini aku berkelana ke tempat-tempat “jajahan”-ku zaman dahoeloe. Ada perasaan aneh di dadaku. Ah, mungkin pikiran ini teringat kisah cinta monyet yang masih juga belum berevolusi sempurna, sesuai Teori Darwin hehehe..

Aku menyusuri rute-rute yang biasanya aku tempuh saat menuju sekolah dasarku, sekitar seperempat abad lalu. Ada perubahan, tapi tak terlalu menyolok.

Beberapa ruas jalan berubah, kalau dulu masih jalan tanah (benar-benar jalan setapak, karena di pinggir sawah) kini sudah berubah  menjadi jalan aspal, hebatnya jalur itu menjadi akses alternatif utama ke luar wilayah kami. *Nah, bingung kan? “Alternatif utama” hehehe..* . Sementara beberapa ruas jalan beralih rupa, dari jalan aspal menjadi hamparan paving block.

Rumah kawan-kawanku juga tak banyak berubah. Maklum, usia orang tua kami rata-rata sebaya.  Dahulu, kami adalah anak-anak penghuni perumahan baru – rumah karyawan departemen tertentu. Kini, orang tua kami sudah pensiun, dan ya.. tentu tak mungkin mengubah rumah sederhana kami menjadi istana megah. Kecuali berhasil korupsi di akhir masa jabatan, dan tak tertangkap KPK hahaha…

Namun, hal yang berubah adalah semuanya menjadi lebih pendek dan kecil.

Dahulu, perjalanan dari dan ke sekolah tampak panjang dan lamaaa… Setelah aku besar, jarak yang 2 km itu ternyata tak ada apa-apanya bila dibanding jarak yang harus aku tempuh setiap hari menuju kantor.

Rupanya kaki mungil yang dulu berjalan kaki dan naik sepeda itu sudah menjelma menjadi kaki besar yang kini tinggal tekan gas untuk sampai ke mana-mana.

Pagar sekolah yang dulu tampak tinggi itu, kini ternyata tak begitu tinggi. Begitu pula dengan langit-langit ruang kelas kami dan pohon-pohon peneduh di pinggir lapangan. Tak cuma itu, bangku-bangku sekolah pun tampak menjadi lebih mungil.

Oh, semua menjadi tampak mengerut!

 
Leave a comment

Posted by on September 13, 2010 in Random Thought

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: