RSS

Bisnis Urine Palsu

17 Sep

Untuk mengetahui apakah seseorang menggunakan obat-obatan terlarang atau tidak biasanya dilakukan tes urine. Tapi kini dijual urine palsu untuk mengelabui hasil tes pemeriksaan.

Beberapa produk urine palsu sudah marak dijual di Selandia Baru. Biasanya urine palsu ini digunakan oleh para karyawan untuk mengelabui hasil pemeriksaan penggunaan obat-obatan terlarang di tempatnya bekerja.

Salah satu urine palsu yang dijual adalah QCARBO32 yang menawarkan hasil ‘100 persen lulus tes’ dengan jaminan uang kembali.

Paul Fitzmaurice dari New Zealand’s Environmental Science and Research menuturkan bahwa urine palsu yang banyak dijual ini sulit dibedakan dengan urine asli yang keluar dari dalam tubuh.

Praktek pemeriksaan urine di tempat kerja menjadi hal yang umum di hampir pelosok negeri Selandia Baru. Karyawan akan diberitahu untuk menampung urinenya di wadah tertentu untuk menguji apakah karyawannya menggunakan obat-obatan atau tidak.

Selain itu tes ini juga untuk melihat apakah seseorang cocok dengan pekerjaannya. Namun banyak orang di Selandia Baru yang melihat hal tersebut sebagai salah satu pelanggaran privasi.

“Urine palsu ini memberikan kembali privasi seseorang, karena pemeriksaan obat-obatan tersebut bertentangan dengan Bill of Rights and the Privacy Act, serta melanggar keadilan praduga tak bersalah,” ujar Chris Fowlie, salah satu pemilik perusahaan yang menjual produk urine palsu ini, seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (17/9/2010).

Urine palsu ini sulit untuk diprediksi, karena ia juga mengandung natrium yang memiliki berat jenis sama dengan urine asli sehingga laboratorium tidak dapat membedakan bahwa urine tersebut adalah palsu.

Penggunaan urine palsu ini tidak sederhana karena seseorang perlu mengguncangkannya sebentar sebelum ditempatkan di microwave dan menaikkan suhunya. Hal ini dilakukan untuk membuat urine palsu seolah memiliki suhu tubuh yang sama untuk lulus tes. Meskipun tidak terlalu sederhana, tapi banyak orang yang rela menyimpan urine palsu panas di dalam sakunya demi sebuah privasi.

Harga sebotol kecil urine palsu ini tidak murah yaitu sekitar US$70 (sekitar Rp630.000), tapi diyakini bahwa seseorang akan memiliki tingkat kelulusan sebesar 100% dengan urine palsu.

Meski hingga kini belum diketahui dengan pasti apa saja senyawa yang dicampurkan dalam pembuatan urine palsu, namun banyak orang yang menggunakannya.

 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2010 in Smartpreneur

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: