RSS

Living on a Binary World

30 Apr

Saya yakin apapun agama yang kita anut pasti mengajarkan mengenai kesabaran dan keikhlasan, meski dengan diksi yang berbeda. Pelajaran yang amat mendasar, modal penting untuk mengarungi kehidupan. Bahkan, kata-kata “Sabar yaa..” seakan menjadi mantra sakti saat menghadapi kawan yang tengah kesusahan. Ngomong sih gampang, tapi ngejalaninya? Beuh!

Semakin bertambah umur, manusia akan makin banyak menemui kegagalan, kesedihan, kehilangan, keputusasaan, disamping mendapatkan keberhasilan, kebahagiaan, dan pertemuan-pertemuan yang mampu mendongkrak semangat. Itulah kehidupan.

Satu hal yang kita harus pahami bahwa di dunia ini semua terjadi berpasangan, berkebalikan, dan saling mengisi. Yin-yang, baik-buruk, panas-dingin, kosong-isi. Tidak akan ada pahlawan jika tak ada penjahat. Tidak akan ada jawaban jika kita tidak pernah mengajukan pertanyaan. Tidak akan ada kegembiraan dalam sebuah perayaan bila belum pernah mengecap kegagalan. Bila menganalogikan dengan binary numeral system, seluruh hal di dunia ini diwakili oleh 0 dan 1. Ada kosong (nol), ada isi (satu).

Setelah memahami konsep tersebut, kita akan lebih mudah memahami dan mempraktekkan pelajaran paling mendasar dalam kehidupan: Sabar dan Ikhlas. Sabar saja dulu, nanti kita akan mendapatkan jawabannya. Ikhlaskan saja, nanti kita akan mendapatkan penggantinya. Life seems easier? Yes. But it’s not that easy to practice. Well, practice makes perfect.

Saya bukan tipe orang yang menggampangkan sesuatu. Ini bukan masalah simplifikasi masalah atau tidak. Tapi, memudahkan kita untuk melanjutkan hidup tanpa terbelenggu karat hati. Everything happens for a reason. Jika suatu hal terjadi (entah baik atau buruk), pasti ada alasannya. Tidak menutup kemungkinan pula bahwa apa yang kita alami ini akan terkoneksi dengan orang lain, yang bahkan kita tidak kenal sebelumnya

Once you make decision, the universe conspires to make it happen (Ralph Waldo Emerson)

 

 
Leave a comment

Posted by on April 30, 2012 in Random Thought

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: