RSS

The Bumblebee Theory

30 Apr

Bumblebee adalah nama sejenis lebah dari genus Bombus yang mudah dikenali karena tubuhnya yang besar, berbulu lebat, dan bersayap kecil. Di Indonesia, bumblebee dikenal dengan banyak nama, mulai tawon kumbang, tawon endas, hingga bambel – pelafalan langsung dari bahasa Inggris.

Dari dalam laboratorium canggih, para ilmuwan mengatakan ukuran sayap yang terlalu kecil tidak mungkin mengangkat badan bumblebee yang bongsor itu. Menggunakan rumus dan teori apapun, mulai gaya aksi reaksi, hingga teori aerodinamika, hasil yang didapat akan sama: bumblebee dinyatakan tidak bisa terbang!

Akan tetapi, si tawon bongsor ini telah melakukan sesuatu hal yang mustahil secara perhitungan di atas kertas. Karena tidak tahu bahwa sebenarnya ia tidak bisa terbang, bumblebee tetap mengepakkan sayap mungilnya seperti biasa. Dan, ternyata ia memang bisa terbang. Mungkin, jika si bumblebee mengetahui fakta bahwa ia dinyatakan tidak bisa terbang, ia tidak akan pernah mencoba mengepakkan sayap karena sudah putus asa terlebih dahulu.

Kisah bumblebee yang tak bisa terbang merupakan metafora hidup. Seseorang tak perlu memedulikan kesimpulan mustahil dari orang-orang sekitar. Jika Bumblebee Theory diadopsi ke ranah bisnis, seorang entrepreneur harus mampu melawan apa yang dinyatakan Mustahil oleh ‘lawan’ bisnisnya. Tetap merintis bisnis meski orang lain mencibir. Tetap berinovasi kendati pihak lain menjiplak produk karya kita. Tetap bersemangat menyusun dan menjalankan strategi bisnis, meski di atas kertas kompetitor dinyatakan lebih unggul. Dan, tentu saja, kita harus tetap bersemangat menjalankan segala aktivitas.

 
Leave a comment

Posted by on April 30, 2012 in Random Thought

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: