RSS

AgenPos: Bisnis Riil, Modal Kecil

10 May

Modal kecil, risiko bisnis ringan, tak perlu repot membangun jaringan. Peluang bisnis menjadi perpanjangan tangan PT Pos Indonesia melalui AgenPos patut dicoba. Asal inovatif dan rajin berpromosi, omzet puluhan juta per bulan bisa didapatkan.

Alkisah, pada 1746, Gubernur Jendral G.W. Baron Van Imhoff membuka kantor pos pertama di Jakarta, yang ketika itu masih bernama Batavia. Tonggak sejarah ini kemudian dilanjutkan di masa pemerintahan Gubernur Jendral Herman Willem Daendels dengan membangun jalan raya pos Anyer – Panarukan. ‘Setiap jarak sepelarian kuda dalam sehari dibangun kantor pos’, begitu sejarah mencatat. Walaupun, sebenarnya, kala itu, pos-pos yang dibangun itu ditujukan untuk pengiriman logistik militer. Namun, kemudian menjadi cikal bakal berdirinya kantor-kantor pos di Indonesia.

Kantor Pos terus berkembang, pada 1800, pemerintah Belanda mendirikan Tabungan Pos di Kantor Pos, yang sekarang menjadi Bank Tabungan Negara (BTN). Sebagai satu-satunya perusahaan jasa pelayanan paket dan surat, Pos Indonesia terus berkembang. Sejarah mencatat, Pos Indonesia telah mengalami berbagai perubahan badan hukum, dari Perusahaan Jawatan sampai berbentuk Perusahaan Umum (Perum). Hingga kemudian pada 2005, pemerintah Indonesia memutuskan Pos Indonesia menjadi sebuah Perusahaan Terbatas (PT) Persero.

Sayangnya, pada waktu itu, perusahaan tengah mengalami keterpurukan. Jumlah jasa layanan surat menyurat merosot tajam, karena masyarakat lebih memilih teknologi baru bernama e-mail dan pesan singkat (SMS). PT Pos Indonesia terus mengalami kerugian.

Pada sekitar 2009, PT Pos Indonesia mulai mengakselerasi diri dengan kemajuan jaman. “Dalam lima tahun terakhir kami berbenah diri, menyambut perubahan besar di lingkungan pasar supaya kami tetap bisa jadi perusahaan yang tumbuh sustainable,” ujar Sukatmo Padmosukarso, Vice President Director PT Pos Indonesia (Persero). Sukatmo melihat PT Pos memiliki tiga core business, yakni jasa pengiriman surat dan paket; jasa logistik; dan jasa keuangan. Tiga bisnis inti itu yang kemudian akan dioptimalkan untuk mengubah keadaan, dari merugi menjadi tidak merugi – bahkan mencapai keuntungan.

Ekspansi Sambil Buka Peluang Bisnis

Saat ini, PT Pos Indonesia memiliki 3.800 jaringan di pelosok Nusantara. Di daerah terpencil, yang tak tampak di peta pun setidaknya memiliki satu kantor pos kecil dengan seorang pak pos. Menurut catatan PT Pos, satu kantor cabang PT Pos Indonesia harus melayani 17 desa, yang lokasinya belum tentu berdekatan.

Jika mengikuti teori di buku-buku keuangan, untuk mendapatkan tambahan pendapatan, sebuah perusahaan harus menambah jalur distribusi. Teori ini direspon PT Pos. Hanya saja, “Kalau kami membuka kantor cabang baru, biaya ekonomi menjadi lebih mahal,” keluh Sukatmo. Sialnya, selama merugi, PT Pos terpaksa menjual sejumlah aset untuk menyambung hidup. Jadi, tak mungkin untuk menambah kantor-kantor baru.

Manajemen pun berinisiatif merangkul masyarakat untuk memperluas jejaring PT Pos, sekaligus memberikan peluang usaha. Caranya, PT Pos membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi AgenPos. Sukatmo menjelaskan, “Sebenarnya sistem AgenPos sudah ada sejak beberapa tahun silam. Namun, kami mematangkan konsep dan giat menyebarkannya sejak tahun lalu.”

Menjadi AgenPos tidak sulit. Calon agen cukup mengunjungi Kantor Pos terdekat untuk mendaftar menjadi AgenPos. Setelah itu, pihak PT Pos akan melakukan survei kelayakan, sebelum menerbitkan persetujuan secara tertulis kepada pemohon. “Perikatan penyelenggaraan AgenPos dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pengelolaan AgenPos,” jelas Tjahjaning Seno, Manajer Pengembangan Outlet PT Pos Indonesia (Persero).

Tak perlu modal besar untuk menjadi AgenPos. “Selama masyarakat sudah punya meja, komputer, dan printer, sebenarnya sudah bisa mengawali bisnis ini,” kata Seno. Namun, jika masyarakat ingin membangun bisnis dari Nol, PT Pos mengisyaratkan calon agen harus menyediakan dana sekitar Rp10 jutaan. Dana ini akan digunakan untuk penyediaan meja, kursi, komputer, mesin timbangan, dan berbagai perangkat promosi lainnya. AgenPos juga berhak menggunakan logo PT Pos Indonesia.

PT Pos menawarkan tiga paket AgenPos, yakni agen untuk produk jasa keuangan; agen untuk produk surat dan paket; dan agen gabungan keduanya (jasa keuangan dan surat/paket). “Kami menyediakan sistem. Calon agen tinggal memilih paket jasa layanan yang mana, sesuai kondisi pasar masing-masing calon agen. Meski demikian, pihak Kantor Pos terdekat akan memberikan gambaran, misalnya untuk pemukiman X lebih cocok untuk layanan paket Y, misalnya. Lalu kami berikan pelatihan soal product knowledge. Sementara pengawasan dilakukan kantor pos terdekat, karena biasanya setiap agen akan masuk menjadi binaan dari kantor pos yang terdekat,” urai Seno.

Untuk menghindari agen nakal, sistem deposit diberlakukan pada produk jasa keuangan. Biasanya agen harus deposit sejumlah uang, nantinya kalau konsumen membayarkan listrik atau tagihan air hanya tinggal dipotong dari deposit agen. “Ini untuk menghindari agen nakal, kalau-kalau uang bayaran tagihan listrik tidak disetor ke kami,” jelas Sukatmo.

Untuk radius layanan dan penentuan lokasi AgenPos, dalam peraturan disebutkan tiap AgenPos seharusnya berjarak radius 250 meter. Tapi, aturan ini fleksibel sesuai kondisi di lapangan. Selain Agenpos, ada pula yang disebut Main Agen dan Koordinator. Main Agen bertugas untuk menyambungkan setiap Agen dibawahnya untuk masuk ke dalam sistem virtual PT Pos. Sementara itu Koordinator sebagai pemberi modal bagi calon agen yang kekurangan modal, tentunya dengan sistem bagi hasil yang disepakati bersama.

Jumlah Agen Pos untuk jasa keuangan saat ini telah mencapai 3000-an Agen, sementara untuk jasa mail dan paket tercatat 700-an Agen, sayangnya yang aktif hanya berkisar 300-400 Agen. Dengan masa kontrak selama 2 tahun, PT Pos tidak membebankan royalti fee pada Agen-Agennya, selain itu biasanya kalau dalam masa 3 bulan berturut-turut Agen tidak aktif, maka akan diputus secara otomatis.

Secara garis besar pembagian keuntungan antara agen dan PT Pos, untuk jasa mail Agen akan mendapat fee sebesar 20%, prosentase ini pun sifatnya progresif. Semakin tinggi jumlah transaksi, semakin besar pula prosentase yang diberikan. Untuk layanan jasa keuangan, ada perhitungannya sendiri tapi tentu lebih besar untuk Agen. “Misalnya fee dari pembayaran tagihan listrik nilainya Rp1.000, angka ini yang akan dibagi antara PT Pos dan agen. Perhitungannya ada sendiri, namun pasti lebih besar untuk agen,” ujar Sukatmo tegas.

Kebanyakan AgenPos berada di lokasi dekat sekolah, kawasan bisnis, kawasan sekolah dan kampus, atau di daerah wisata. Omzetnya pun tidak main-main, bisa mencapai puluhan juta rupiah. AgenPos di Kuta, Bali misalnya, dalam kurun Januari-Agustus tahun lalu omzetnya mampu mencapai Rp800 juta. “Konsumennya turis asing yang ingin mengirimkan buah tangan melalui jasa pos,” ungkap Sukatmo.

Adapun salah satu Agen berprestasi di kawasan Pondok Cabe, Tangerang, di bulan September tahun lalu omzetnya mencapai Rp45 juta. Angka itu meningkat tajam di bulan berikutnya hingga mencapai Rp269 juta. Dengan cerdik, AgenPos ini menawarkan jasanya ke beberapa penerbit dan percetakan. “Jadi kalau mau untung besar mesti inovatif dan cerdik menjemput bola. Dan, yang pasti nggak malas. Kalau sudah tahu celahnya, bisnis jadi mengasyikan,” kata Sukatmo.

Sahabat Wong Cilik

Kompetitor memang semakin ketat, bukan hanya dari sejumlah jasa logistik swasta, namun layanan perbankan menjadi kompetitor kuat PT Pos. Tapi komitmennya, PT Pos ingin menjadi bank bagi masyarakat kecil yang tidak tersentuh layanan perbankan yang eksklusif. “Masuk bank pakai sandal jepit atau sambil gendong anak rasanya malu. Padahal mayoritas masyarakat kita kan demikian. Jadi kamu mau jadi bank bagi rakyat kecil dengan, batas itu yang kami dobrak, masyarakat tidak sungkan datang ke Pos,” jelas Sukatmo lagi.

Di sisi lain, walau jasa logistik swasta bermunculan, namun PT Pos tidak gentar. Ribuan jaringan yang sudah tersebar sampai ke pelosok menjadi kekuatannya. Toh pada kenyataannya, tidak sedikit jasa logistik swasta yang justru menggunakan layanan PT Pos untuk menembus daerah pelosok.

Itulah tekadnya, perusahaan yang telah berusia ratusan tahun ini tidak hanya telah menjadi bagian nostalgia manis di masa silam, namun tetap terus melayani wong cilik sekarang dan ratusan tahun ke depan. $YOHANA NOVIANTI H.

PT Pos Indonesia (Persero)
Direktorat Pemasaran dan Pengembangan Bisnis
Gedung Wahana Bhakti Pos
Jl. Banda No. 3
Bandung
Info lebih lanjut: Contact centre 161
www.posindonesia.co.id

Lima Langkah Menjadi Agen Pos

  1. Pemohon mengajukan permohonan secara tertulis untuk menjadi AGEN POS kepada Kantor Pos terdekat
  2. Survey kelayakan oleh PT Pos Indonesia
  3. PT Pos Indonesia menebitkan persetujuan/penolakan secara tertulis kepada pemohon
  4. Perikatan penyelenggaraan AGEN POS dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pengelolaan AGEN POS
  5. Pelatihan dan persiapan pengoperasian AGEN POS

Pilihan Paket Agenpos

  1. Agenpos Standard
  • Perkiraan pendapatan per hari minimal ±Rp80.000
  • Identitas berupa sticker Rp20.000
  • Modal minimum Rp11.500.000
  • Petugas pelaksanan minimal 2 orang
  1. Agenpos Optima
  • Perkiraan pendapatan ±Rp240.000/hari
  • Identitas berupa sign board Rp1.250.000
  • Modal minimal Rp30.000.000
  • Petugas pelaksana minimal 3 orang
  • Ukuran gedung minimal 4x4m²
  1. Agenpos Premier
  • Perkiraan pendapatan minimal Rp720.000/hari
  • Identitas berupa neon sign Rp8.000.000
  • Modal minimal Rp100.000.000
  • Ukuran gedung minimal 10x10m²

(As published on Majalah DUIT! edisi 02/Februari 2012)

 
36 Comments

Posted by on May 10, 2012 in Smartpreneur

 

Tags: , ,

36 responses to “AgenPos: Bisnis Riil, Modal Kecil

  1. puthut subagyo

    October 17, 2012 at 10:48 am

    kami di babulu. daerah kab penajam paser utara, gmana cara jadi agen?

     
  2. naningisme

    October 17, 2012 at 2:42 pm

    Untuk di wilayah bapak, ada kantor pos tidak pak? Kalau ada bisa daftar ke sana. Tapi kalau di Penajam Passer Utara tidak ada, bisa Kukar atau Balikpapan. Bapak bisa kontak kepala kantor pos-nya, mereka akan bantu bapak. Sukses selalu!

     
  3. toto

    December 26, 2012 at 4:16 pm

    saya berminat ingin jadi agen pos saya berlokasi dibanjarnegara jateng
    ..,apkah saya harus mrnyediakan tempatnya dulu baru mengajukan permohnan?

     
  4. naningisme

    December 27, 2012 at 5:30 pm

    Menyediakan tempat dulu. Tidak harus besar, berukuran 1 m x 2 m pun boleh, selama ada meja, kursi, dan komputer. Informasi lebih lengkap, bapak bisa ke Kantor Pos terdekat. Minta bertemu kepala kantor posnya, nanti beliau yang akan bantu bapak.

     
  5. pospay

    February 23, 2013 at 1:00 am

    Masyarakat Lebih memilih PT Pos dari pada PPOB berbasis Bank. Pasti itu. Bagi yg Berminat ,Ayo daftar saja jadi AgenPos. Aplikasi Pospay memang yg terbaik. Bravo Pospay !!!!

     
  6. dina manao

    March 23, 2013 at 12:45 pm

    kalau buka di nias selatan…khususnya kampung bawomataluo…gimana caranya…tk

     
    • naningisme

      April 2, 2013 at 11:32 am

      Mbak Dina, di Nias Selatan pasti ada Kantor Pos. Nah, nanti tinggal ke sana saja, bertanya mengenai prosedurnya. Gampang kok. Semoga sukses🙂

       
  7. Ari

    March 24, 2013 at 9:38 pm

    Saya sangat berminat.. Apakah ini cukup perorangan atau harus berbadan hukum? Dan mungkin pengalaman bapak, berapa gaji atau honor yang layak kita berikan jika kita menggunakan tenaga lain untuk menjalankan agen pos ini? Mohon informasinya, terimakasih

     
    • naningisme

      April 2, 2013 at 11:38 am

      Setahu saya, perorangan bisa. Tapi kalaupun harus berbadan hukum, CV saja cukup. Untuk honor dan gaji karyawan, sepertinya disesuaikan dengan UMR tiap daerah atau dibicarakan dengan calon karyawan yang bersangkutan. Semoga membantu.

      Oya, saya perempuan hehehe..🙂

       
  8. IMAM

    March 30, 2013 at 12:51 pm

    kami membuka usaha konter hp,loket pembyran listrik,apa boleh saya membuka agen pos dengan menggabungkan usaha yg sd berjalan,biar usaha saya lebih lengkap.

     
    • naningisme

      April 2, 2013 at 11:52 am

      Boleh banget mas Imam… Sukses untuk bisnisnya yaa..

       
      • Hery Sulistiyadi

        April 12, 2013 at 7:30 pm

        Kami saat ini masih menjadi agen salah satu usaha jasa penitipan, kalau saya mau jadi agen pos apakah saya harus memutus kontak dahulu atau bisa jalan berbarengan dengan agen pos

         
  9. Sava' Ahmad

    April 10, 2013 at 7:17 pm

    saya sudah 1 tahun menjadi agen pospay kalau saya mengajukan menjadi agen pos bagaimana caranya? kebetulan di kecamatan tempat saya belum ada kantor pos. dan saya tinggal dekat dari kecamatan. mohon solusinya. terima kasih

    kecamatan gunungwungkal kab pati jateng

     
    • naningisme

      April 13, 2013 at 6:07 pm

      Setahu saya agen Pos dan Pospay sama saja mas. Untuk info lebih jelas mungkin mas Sava bisa tanya langsung ke Kantor Pos Pati di Jl, Sudirman 61 Pati atau telepon ke (0295) 381315. Semoga bisa membantu🙂

       
  10. heru

    April 28, 2013 at 11:46 am

    saya berminat sekali menjadi agen pos,saya mau menanyakan apa bedannya agen pos standart dengan optima??? saya pernah menanyakan ke kantor pos terdekat semuanya hanya mengoper disuruh tanya kekantor pos A lalu kantor pos B,,bagaimana prosedur/cara pendaftarannya? saya berada di cikarang selatan.terima kasih

     
  11. naningisme

    May 2, 2013 at 2:54 pm

    Ada tiga jenis paket Agen Pos yang ditawarkan PT Pos, yaitu Agenpos Standar dengan modal minimum Rp11,5 juta, Agenpos Optima dengan modal minimal Rp30 juta, dan Agenpos Premier dengan modal Rp100 juta. Ketersediaan modal ini harus ditunjukkan ke pihak PT Pos sebagai kemampuan modal. Nantinya, modal ini untuk membeli perlengkapan gerai dan modal usaha Agenpos.

    Selain menunjukkan kemampuan modal, mitra harus membeli media identitas gerai ke PT Pos sesuai jenis paket. Agenpos Standard harus membeli stiker senilai Rp20.000, Agenpos Optima harus membeli sign board senilai Rp1,25 juta, dan Agenpos Premier harus membeli neon sign senilai Rp8 juta.

    Untuk pendaftarannya sih harusnya bisa langsung ke kantor pos besar. Kalo Cikarang Selatan bisa ke Kantor Pos di Kelurahan Sukaresmi telp 021-8974425 atau mungkin malah ke Kantor Pos Lippo Cikarang telp 021-8972426. Mudah-mudahan membantu🙂

     
  12. nico

    June 8, 2013 at 4:33 am

    Kalau buka di jambi bgaimna mbak?
    Sya pernah tanya sma it di kantor pos,ktanya g perlu dan spertinya gak mensuport.saat ini sya sdah terdaftar sbgai agen pospay,smntra kbtuhan di desa sya bkan hanya itu mbak mlainkan pket dan pngriman uang serta pembyaran cicilan justru itu yg pling di hrapkan bsa terealisasi di desa sya,jadi mhon pncerahanya y mbak,dan sya hrus mnemui spa untuk mndapat suport atas hrapan saya.trims

     
  13. hendra

    August 24, 2013 at 5:46 pm

    saya di bandung , perumahan taman holis, kalo mau jadi agen pos optima, saya harus ke jalan banda atau asia afrika? unuk paket online / logistik berapa persen komisi yg saya dapat?

     
    • naningisme

      September 4, 2013 at 2:08 pm

      Halo pak Hendra,

      Maaf saya kurang tahu untuk hal ini. Bapak bisa tanya langsung ke PT Pos Indonesia langsung. Di artikel ini saya hanya mengunggah ulang artikel yang pernah dimuat di majalah tempat saya bekerja dulu.

       
  14. Masuri

    November 9, 2013 at 10:25 am

    Saya di Serang Banten ,komp Ruko Sukses 2 Sumur pecung Serang Banten ,sudah mengajukan menjadi agen pos OPTIMA /PREMIER di kantor pos Cabang Serang,untuk saat ini berapa lama proses kami untuk bisa membuka agen pos optima /premier di tempat kami terima kasih

     
    • naningisme

      December 2, 2013 at 11:32 pm

      Pak Masuri, bapak bisa bertanya langsung ke Kantor Pos yang bersangkutan. Sukses selalu🙂

       
  15. tuti

    December 10, 2013 at 10:10 am

    aku pemilik agen pos di tang sel tp sudah berapa hari iposnya mati tdk dapat disinkronsasi ya,apa bisa bantu

     
    • naningisme

      December 12, 2013 at 10:05 pm

      maaf mbak, saya nggak bisa bantu. Mungkin mbak bisa langsung ke kantor pos terdekat atau ada pembaca yang bisa membantu mbak Tuti?🙂

       
      • danang gunawan

        November 18, 2014 at 12:35 pm

        mungkin klo tdk bisa singkron coba di cek modemnya konek tidak ter hububg dgn data base vpn tidak.tetap jgn lupa buka dinas loket,cetak beksit dan tutupan dinas loket selalu sinkronisasi ya semoga sukses. 5 S

         
  16. diman

    January 15, 2014 at 12:55 pm

    saya sangat berminat menjadi agent post indonesia rumah saya di wilayah Jakarta selatan srengseng sawah tepatnya di belakang kampus universitas pancasila kantor pos terdekat mana yang dapat saya hubungi n nama saya Diman Hp; 0811974802 terima kasih

     
  17. naningisme

    January 17, 2014 at 11:41 am

    Halo pak Diman, bapak bisa langsung menghubungi Kantor Pos Srengseng Sawah di Jl. Moh Kahfi 2, Srengseng Sawah, Jagakarsa.

     
  18. nining kadarsih

    February 12, 2014 at 2:16 pm

    bu… kalau saya berminat… tapi saya di perumahan tepatnya di perumnas klender jakarta timur… kebetulan saya sudah membuka foto copy dan alat tulis.. daftarnya harus tetap ke kantor pos pusat ya yang di gedung kesenian… makasi

     
    • ferryzar

      February 18, 2014 at 4:32 pm

      mba’ nining kadarsih…
      untuk wilayah klender, dapat menghubungi kantor pos di jalan pemuda saja…

       
      • naningisme

        February 19, 2014 at 12:07 am

        Thanks infonya, mas Ferryzar.. Mudah-mudahan menjawab pertanyaan mbak Nining Kadarsih.

        Kantor Pos Jakarta Timur, Jl Pemuda 79 Jakarta 13220, Telp. 021-4890775.

         
  19. TYO

    April 17, 2014 at 11:23 am

    Mbak itu paket Agenpos Standar dengan modal minimum Rp11,5 juta. Nantinya, modal ini untuk membeli perlengkapan gerai dan modal usaha Agenpos seperti apa? apa kita hanya perlu menyediakan KIOS kemudian sgala perlengkapannya (meja,komputer,printer,internet) dsediakan oleh PT.Pos melalui modal kita tsb?

     
    • naningisme

      April 17, 2014 at 12:41 pm

      Mas Tyo, untuk lebih jelasnya bisa tanya ke PT POS. Pada waktu wawancara untuk artikel yang tertulis di atas, mereka mengisyaratkan kalau kita tetap harus menyediakan meja, komputer, printer, dsb. Tapi, software dan jaringan akan disediakan oleh mereka.

       
  20. danang gunawan

    November 18, 2014 at 12:45 pm

    mbak ning bisnis agen pos sangat prospektif dan saya berminat…saya tinggal di sleman jogja tp katanya sdh memenuhi lebih kuota agen posnya,jadi saya blm bisa buka agen pos di tempat wilayah saya jd apakah saya harus buka di luar wilayah mksh

     
  21. Fandi

    February 1, 2015 at 9:21 pm

    Saya tertarik dengan agen pos ini.. Adakah yang bisa bantu info kalo mau buka daerah serang timur banten ke kantor pos mana yah? Terima kasih tuk infonya

     
  22. HENDRI

    February 13, 2015 at 12:21 pm

    Peluang bisnis

    PT Wahana Prestasi Logistik

    Membuka Peluang untuk menjadi agen/franchise/gerai dikota anda

    Info lebih lanjut silakan Hub
    081318545108 (Hendri)
    hendri@wahana.com
    http://www.wahana.com

     
  23. Dian

    May 16, 2015 at 12:38 pm

    Sepertinya menjanjikan. Perlu cari tempat yang strategis dulu

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: