RSS

Tempelkan Dompetmu dan Pintu pun Terbuka…

14 May

Minggu lalu, ketika pak Dahlan Iskan menggunakan transportasi KRL (lagi), Menteri Negara BUMN ini mengatakan PT KAI Jabodetabek harus menyediakan fasilitas karcis elektronik. Melalui blog ini saya akan bilang, “Sudah ada pak. Sejak 1 Februari 2012 lalu, namanya Commet.”

Memang, tak banyak masyarakat awam yang paham keberadaan Commet (Commuter Electronik Ticketing). Karena, di tahap awal penerapan e-ticketing, kartu Commet masih digunakan sebagai pengganti kartu abonemen (Kartu Trayek Bulanan, KTB). Bukan karcis elektronik sekali pakai seperti yang dijumpai di stasiun MRT di Singapura atau Hongkong.

Tapi, jangan bandingkan dengan mesin tiket yang ada di luar negeri. Sensor mesin yang ada di stasiun Jabodetabek kurang begitu bagus. Anda harus sabar saat men-tap tiket di atas sensor sebelum palang pintu terbuka. Selain itu, sensor tak mampu membaca kartu Commet yang diletakkan di dalam dompet atau bertumpuk dengan kartu lain.

Bicara soal MRT di Hongkong, saya jadi teringat cerita seorang kawan soal TKI dan TKW yang baru datang di negara tersebut. Beberapa kali, ketika berada dalam stasiun MRT, kawan saya melihat ‘orang kita’ berkali-kali menggesekkan – yang kemudian aktivitas berubah menjadi membanting-banting – dompet atau tas di mesin tiket (gate) menuju peron.

Si mbak yang dandanannya keren ini bersungut-sungut. Ia tidak terima ‘diperlakukan tidak adil’. Bagaimana tidak, orang-orang lain tinggal menempelkan dompet atau tas di mesin tiket, maka palang pintu akan terbuka. Ia sudah berkali-kali mencoba, bahkan sudah membanting-banting dompet atau tasnya di atas mesin itu, tapi palang pintu tak juga terbuka untuknya.

Usut punya usut, ternyata si mbak yang baru datang dari Indonesia ini tak menyimpan tiket elektronik untuk menaiki MRT di dalam dompet atau tasnya. Pantas saja…

 
Leave a comment

Posted by on May 14, 2012 in Wheels on the Road

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: