RSS

Mata Kuliah Batik di Sekolah Mode Italia

22 May

Jujur, saya tak tahu apakah pengetahuan mengenai kain tradisional sudah masuk kurikulum sekolah mode di Indonesia. Tapi, yang jelas, ketika saya membaca berita di situs berita Antara, saya menemukan artikel menarik. Batik segera masuk kurikulum sekolah mode di Italia. Olala!

Menurut Bianca Lami, direktur Artistik Koefia, sekolah mode tertua di Italia, pihaknya berencana memasukkan pengetahuan kain batik dan desain batik ke dalam kurikulum pelajaran Koefia. Sementara itu Raffaele D’Ambrosio, wakil ketua DPR Italia menyatakan mereka tertarik dengan batik Solo. Baik Lami maupun D’Ambrosio mengetahui Solo sebagai salah pusat batik Indonesia dari internet. “Saya tahu dari internet bahwa Solo merupakan ibukota batik. Di kota itu banyak industri batik. Bahkan, saya dengar ada kampung dengan nama batik. Saya ingin melihatnya secara langsung,” kata Lami.

Lebih lanjut, Lami mengatakan bahwa setelah diakui UNESCO, batik sebagai warisan budaya Indonesia, akan menjadi tren dii dunia fashion di kemudian hari. “Kami ingin mengembangkan fashion heritage. Jika bisa menggabungkan budaya Solo dengan Eropa, lewat selembar kain, saya kira hasilnya akan sangat bagus,” kata dia. Sekolah Mode Koefia berencana membuat program studi Desain Batik dengan durasi pembelajaran tiga tahun.

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2012 in Batik Addict

 

Tags: , ,

Leave a Reply

 
