RSS

Guru yang Tidak Bijaksana

25 May

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengirimkan pesan ke seorang sahabat. Saya bertanya, “Apakah salah jika saya merasa lelah dan pasrah pada segala kemungkinan yang terjadi?” Waktu itu, sistem pertahanan mental saya memang berada di titik nadir. Saya merasa begitu putus asa dengan segala kondisi, yang menurut saya tidak seharusnya seperti itu.

Dalam pesan jawabannya, sahabat saya mengirimkan kalimat yang harus dicerna dengan saksama untuk memahami maksudnya. “Kau tidak pasrah. Kau hanya membutuhkan waktu untuk menjernihkan hati agar bisa lebih jelas dalam mendengarkan pesan Semesta.” Dan, tangis saya pun pecah.

Pasrah dan menyerahkan segalanya ke tangan Sang Pencipta adalah dua hal yang berbeda. Pasrah adalah suatu kondisi di mana kita tidak melakukan apapun. Sementara menyerahkan segalanya padaNya berarti kita telah berusaha dan dibarengi doa. Do our best and let God do the rest.

Namun, jika dalam perjalanan ternyata ada pihak-pihak yang membuat kita sedih dan marah karena sudah menjegal langkah, merampas hak, menghapus pengharapan, atau tidak menghargai segala daya upaya kita, anggap saja mereka adalah guru, bukan karena kebijaksanaannya. Tapi, berkat ketidakbijaksanaan itu, mereka telah mengajari kita untuk menjadi lebih bijaksana.

 
2 Comments

Posted by on May 25, 2012 in Random Thought

 

Tags:

2 responses to “Guru yang Tidak Bijaksana

  1. jojo

    August 25, 2012 at 7:59 am

    nice post! tidak sengaja saya mampir di halaman ini, tulisan anda bukan sesuatu yang baru, tapi saya suka gaya penyampaian anda. keep working on sharing to the world!

     
    • naningisme

      August 25, 2012 at 8:37 am

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya pagi-pagi🙂

      Pada dasarnya, apa yang terjadi di dunia dan di kehidupan kita adalah hal-hal yang berulang. Kadang, tidak ada yang baru. Namun, di ” sesuatu yang tidak baru” itu kita selalu bisa mengambil “sesuatu yang baru” yang bakal menjadi pelajaran, memperkaya pengalaman, dan memperkuat diri kita di masa depan. Isn’t life a series of images that change as they repeat themselves?

       

Leave a Reply

 
