RSS

Perfect Answer

06 Jul

Dulu, di jaman saya masih kecil, pukul 21.00 adalah saatnya tayangan Dunia Dalam Berita. Itu juga sebagai penanda bahwa saya harus masuk kamar dan tidur. Kini, pukul 21.00 adalah saatnya saya memasuki Waktu Indonesia bagian Galau (WIG).

Di pekerjaan sebelumnya, pukul 21.00 adalah waktu terbaik saya. Justru di jam itu otak saya sedang bagus-bagusnya berpikir. Deadline! Namun, di pekerjaan sekarang, jam segitu hampir bisa dipastikan saya sudah berada di rumah. Menyendiri, merenung, mendekat pada Sang Pemilik Hidup, sekaligus berkomunikasi dengan diri kita.

Kita adalah manusia yang gelisah. Makhluk yang selalu menginginkan jawaban. Mulai dari hal sepele keduniawian seperti makan apa kita hari ini ataukah bisakah saya kembali bersatu dengan si bapak itu. Hingga hal-hal lebih mendalam, seperti siapa sebenarnya diri kita, mengapa kita ada di dunia ini, apa tujuan hidup kita, hingga apa maksud Dia menjadikan kita ada di dunia ini.

Menurut saya, itulah hakikat manusia. Selalu mencari jawaban. Karena manusia tidak sempurna. Manusia tidak pernah puas dengan sebuah jawaban. Sebab, jawaban hanyalah persinggahan dinamis yang bisa berubah seiring berkembangnya pemahaman kita. Pertanyaanlah yang membuat kita terus maju. Pertanyaan membuat manusia berkembang.

Manusia yang selalu puas dengan jawaban atau manusia yang tidak pernah mengajukan pertanyan adalah mereka yang merasa dirinya telah sempurna. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadi, jikalau kita telah merasa puas dengan sebuah jawaban, hati-hati, bisa jadi itu adalah awal dari kesemuan kesempurnaan.

 
Leave a comment

Posted by on July 6, 2012 in Random Thought

 

Tags:

Leave a Reply

 
