RSS

Jalan-Jalan ke Pabrik Buku

10 Jul

Saya suka baca buku. Saking tergila-gilanya buku, kolong tempat tidur pun penuh tumpukan buku. Sebab lemari tak muat lagi menampung buku-buku itu. Dan, tadi siang saya begitu gembira bisa jalan-jalan ke pabrik buku. Woo-hoo…

Sebenarnya, saya sudah sering ke pabrik buku ini. Setidaknya dua kali dalam sebulan saya ke tempat itu. Hanya saja, biasanya saya datang dengan rasa penuh dongkol. Maklum, pabrik buku yang saya maksud adalah percetakan yang berada dalam satu grup holding tempat saya bekerja. Namun, baru sore tadi saya punya kesempatan jalan-jalan ke area lain di “pabrik buku”. Alhasil, saya pun berubah seperti anak kecil yang masuk ke pabrik coklat di film Charlie and The Chocolate Factory. Andai saja itu buku-buku bisa saya makan, sepulang dari tempat itu, perut saya bakal makin ndut karena kekenyangan hehehehe…

Saya lihat sejumlah perempuan, yang melengkapi diri dengan tutup kepala, sarung tangan, dan celemek, tengah melakukan finishing untuk penjilidan buku. Entah mengapa saya jadi ikutan happy ketika melihat mereka happy saat bekerja. Mereka saling lempar joke dan tak segan memberikan senyuman terlebar bagi saya yang tengah lewat. Mungkin, mereka sudah beberapa kali melihat saya. Tapi, saya tak sempat melihat mereka.

Yah, begitulah, kadang kita bekerja hanya untuk bekerja. Tak setiap saat kita bisa menikmati pekerjaan atau melewati sudut-sudut tempat kerja kita. Saya harus akui, saya bisa langsung bete kalau tiba-tiba mendapat panggilan meeting ke “headquarter” yang letaknya di lantai 4 — tepat di atas “pabrik buku” itu. Sepulang meeting, seringkali saya hanya melewati mesin-mesin cetak raksasa itu. Tanpa sempat menengoknya lama-lama karena saya ingin buru-buru balik ke kantor.

Hard work spotlights the character of people: some turn up their sleeves, some turn up their noses, and some don’t turn up at all. (Sam Ewing)

 
Leave a comment

Posted by on July 10, 2012 in Random Thought

 

Leave a Reply

 
