RSS

Kekalahan itu Tidak Kekal

14 Oct

Hidup adalah perubahan. Tak ada hidup yang diam, statis. Hidup itu selalu berubah dari satu keadaan ke keadaan lain. Dalam bahasa Sansekerta padanan kata hidup adalah bhava, yang juga memiliki arti proses yang terus menerus.

Sebagai manusia, kita pasti pernah dihina, dicaci, dikecewakan, atau difitnah. Memang, persepsi keliru merupakan sumber segala penderitaan. Kita pun lantas merasa diserbu tim GEGANA (GElisah, GAlau, meraNA), plus sedih, kecewa, atau marah. Lengkap sudah. Tapi kalau kita memahami bahwa hidup itu tidak kekal, kita akan menjadi tabah. Toh, itu hanya kondisi sementara.

Marah boleh, tapi jangan terlalu lama. Kalau marahnya terlalu lama, nanti dada akan menjadi panas dan bakal tercipta konflik baru. Tenangkan hati dan pikiran, lalu cari penyebab mengapa orang lain melakukan hal itu. Jangan asal nerimo saja. Begitu pula ketika kita berada di atas, senang, sukses, kita tidak perlu menjadi jumawa. Karena bisa saja senang menjadi sedih, begitu pula sebaliknya. Perubahan adalah hukum alam. Kalau semua dianggap kekal, ketenangan bisa hancur.

Ihwal kehidupan adalah berubah untuk mencapai ketenangan, di mana kita bisa menempatkan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dalam proporsinya. Sementara capaian ketenangan tertinggi adalah ketika kita tidak lagi terkejut melihat perubahan. Tidak silau menghadapi ketidakkekalan. Dengan memahami bahwa hidup tidak kekal maka kita akan terus berjuang untuk mencapai hidup yang lebih baik. Terus berusaha dan bergerak. Perkara gagal atau berhasil itu urusan belakangan.

 

But there is suffering in life, and there are defeats. No one can avoid them. But it’s better to lose some of the battle in the struggles for your dream than to be defeated without ever knowing what you’re fighting for. (Paulo Coelho)

 
Leave a comment

Posted by on October 14, 2012 in Random Thought

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: