RSS

Kepo Arti Kepo

05 Nov

Sudah cukup lama saya penasaran dengan arti (sesungguhnya) kata “kepo”. Itu singkatan, gejala bahasa, atau bahasa ajaib yang tiba-tiba muncul dengan arti kata tertentu? Saya tahunya kepo itu artinya penasaran atau mau tau urusan orang lain. Bisa dikatakan, saya kepo dengan arti kata kepo. Pernah saya iseng bertanya ke teman-teman sekantor, mereka jawab kepo itu dari singkatan “kepergok polisi” – jadi berasa diinterogasi. Tapi, macacih itu artinya?

Akhirnya setelah melakukan riset mendalam mengenai bahasa (halah, lebay!), saya pun akhirnya tahu bahwa kata “kepo” berasal dari dua hal. Pertama, berasal dari kata “kaypoh”, bahasa Hokkien gaul yang artinya ingin tahu atau mencampuri urusan orang lain. Kedua, kepo merupakan akronim dari Knowing Everything in Particular Object. Kalau merunut bentukan kedua, bisa dibilang sejarah kata kepo mirip dengan kata bete yang berasal dari Bad Temper.

Ah, gara-gara kepo akut arti kepo kerjaan gue terbengkalai neehh.. *trus, gue harus bilang wow gitu?* Ini posting yang gak penting. #abaikan.

 
Leave a comment

Posted by on November 5, 2012 in Bicara Bahasa

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: