RSS

Gado-Gadoku Dimuat..

28 Nov

Sering saya terheran-heran dengan ulah narasumber yang begitu antusias ketika tulisan mengenai dirinya dimuat di majalah. Beberapa membeli puluhan majalah – kebanyakan dengan memohon-mohon untuk dapat diskon hehehe.. – untuk dibagikan kepada sanak saudara. Ada yang mengunggah foto artikel yang dimuat ke jejaring sosial. Bahkan, ada yang menggunting artikel tersebut, menaruhnya ke dalam bingkai, lalu memasang di dinding. Nggak segitunya kaleee..

Bagi saya yang pekerjaan utamanya menulis di majalah, hal-hal seperti itu menjadi aneh dan absurd. Mungkin karena sudah terbiasa menemukan tulisan sendiri muncul di majalah. Jujur, ketika majalah yang saya kelola beredar, saya tidak membaca tulisan yang ada di dalamnya. Lha wong saya yang mengedit artikel-artikel itu. Ibaratnya, letak titik komanya juga inget hehehehe..

Hal pertama yang saya lakukan ketika membuka majalah yang baru keluar dari percetakan adalah mencium bau harum kertasnya. Mhmm, ini tak akan bisa dirasakan kalo majalah udah berubah format menjadi digital. Cium noh gadget.. Hal kedua adalah memeriksa hasil cetakan, terutama untuk foto. Saya bisa ngomel-ngomel panjang lebar kalau foto yang udah bagus ketika sudah dicetak hasilnya jadi under (terlalu buram, kehitaman) atau over (terlalu terang). “Ini gimana sih bla bla bla bla..” Manajer cetak dan desainer saya sudah hafal dengan kebiasaan buruk ini. Hal ketiga adalah menaruh majalah itu begitu saja di meja. Hanya dibaca bila perlu. Maksudnya kalau ada pembaca atau klien iklan yang mengirimkan e-mail atau menelepon, kita bisa memberikan respon terbaik.

That’s it. Jadi, saya masih terheran-heran dengan ulah narasumber. Setidaknya, sampai tadi pagi…

Dengan spontan saya berteriak kegirangan, “Gado-Gadoku dimuat Femina!” Sebenarnya, ini sudah kesekian kali tulisan saya muncul di majalah perempuan itu. Tapi, baru kali ini berupa tulisan panjang dan, ahem, dapat honor hehehehe.. Tak ada respon heboh dari teman-teman redaksi. Mungkin pikiran mereka sama dengan saya, “Nggak segitunya kaleee…” Hanya satu respon berbeda dari seorang reporter baru, “Memang ibu punya bisnis gado-gado?” Gubrak! Ah, tak apalah.. Namanya juga anak baru.

 

Tips Menulis untuk Rubrik Gado Gado

  1. Rubrik Gado Gado di majalah Femina, sesuai namanya, topik bahasannya beragam. Kadang jenaka, kadang menyentuh. Namanya juga rubrik kiriman pembaca, yang nulis pun beda-beda. Pilihan topik bisa apa saja, mulai soal matinya kucing kesayangan sampai pengalaman naik kereta.
  2. Bagi mereka yang tidak terbiasa menulis, coba untuk membuat outline tulisan: pembuka-isi-penutup. Hal ini menjadi penting agar tulisan tidak loncat-loncat. Klimaks tulisan bisa di awal atau di akhir. Bila klimaks berada di bagian akhir, usahakan agar pembaca tidak bisa menebak ending-nya. Bukankah kita menyenangi kisah yang tak mudah ditebak?
  3. Untuk judul, pilih satu atau dua kata. Jangan terlalu panjang, nanti halamannya nggak cukup. Paling penting pilihan kata untuk judul harus catchy atau menimbulkan rasa penasaran.
  4. Format penulisan:
    • Panjang naskah 2-3 halaman (2.500-3.000 karakter), spasi ganda, font Arial size 12.
    • Satu paragraf maksimal tiga kalimat.
    • Satu kalimat maksimal 15 kata.
    • Tidak ada sub judul.
    • Sisipkan kata-kata ekspresif, seperti Aduh, Wah, Oh, dan sebagainya.
    • Kirim ke kontak@femina.co.id
  5. Pihak redaksi Femina akan menghubungi penulis empat bulan setelah pengiriman artikel (via e-mail). Baik untuk memberitahu artikel akan dimuat atau tidak dimuat.
  6. Bila dimuat, penulis akan diminta mengirimkan surat pernyataan di atas materai bahwa tulisan belum pernah dimuat di media lain (termasuk blog) dan merupakan karya orisinal (bukan terjemahan, apalagi jiplakan!). Oleh karena artikel yang saya kirim pernah diterbitkan di blog ini, pihak Femina meminta tulisan “diturunkan” terlebih dahulu dari blog sampai tulisan dimuat di majalah tersebut.
  7. Setelah mengirimkan surat pernyataan, penulis harus menunggu empat minggu sebelum tulisannya dimuat.
  8. Dan, sekitar satu minggu setelah pemuatan, penulis tinggal menunggu transferan honor penulisan. Manteb to?
 
8 Comments

Posted by on November 28, 2012 in How to..

 

Tags: , ,

8 responses to “Gado-Gadoku Dimuat..

  1. tutut25

    December 10, 2012 at 8:53 pm

    hehe…selamat yaaaa…..dulu saya juga suka kirim….lumayan buat tambah-tambah…sekarang mau diaktifkan lagi nihhhhh🙂🙂

     
  2. naningisme

    December 12, 2012 at 12:12 pm

    Hehehehe.. makasih mbak Tutut. Ayo ayo kirim lagi biar sense menulisnya gak ilang😉

     
  3. zaki

    November 6, 2013 at 3:20 pm

    mbak Naning yang baik, gado-gado saya baru saja dimuat. Tapi saya tidak mendapat pemberitahuan apa pun dari femina, sampai saat ini sudah 2 minggu setelah dimuat. email saya belum juga dibalas. Mungkin lebih baik saya telepon ya? cuma agak pakewuh menelepon untuk menanyakan honor…hehehe…^_^

     
    • naningisme

      December 2, 2013 at 11:36 pm

      Haaiii.. aahh senang sekali artikelnya dimuat di Femina. Coba telepon saja kantor redaksinya, jangan lupa sebutkan Gado-Gado-nya dimuat di majalah edisi berapa dan judulnya apa. Kalo sungkan untuk tanya langsung soal honor, bisa tanya dulu – misalnya, “Kalo artikel dimuat ada honornya atau tidak, kalau ada kok saya punya artikel belum dapet honor ya?” Terus berkarya yaaa.. Enjoy writing🙂

       
  4. Mita

    May 13, 2014 at 11:42 am

    Terima kasih tipsnya ya, Mba Naning🙂

     
  5. Restu Dewi

    September 7, 2014 at 10:12 pm

    saya berkunjung ya mbaa. wah menarik sekali postingan ini. terima kasih banya yaaak…

    *masih ngakak sama usaha gado-gado hahahaha* salam kenal

     
    • naningisme

      September 10, 2014 at 10:29 am

      Hai mbak Restu.. makasih udah berkunjung di blogku🙂

      Hahahaha.. ending yang jleb banget ya komen tentang bisnis gado-gado itu. Salam kenal juga, mbak. Semoga mbak juga bisa produktif menulis, baik itu di blog atau dikirim ke majalah macam Femina.

       

Leave a Reply

 
