RSS

Banjir, Wisata Bahari, dan Enjoy Jakarta!

18 Jan

turis-menikmati-banjir-2013Beruntungnya saya yang kini tak lagi harus ke kantor setiap hari. Setelah mengirimkan naskah ke klien, kemarin saya menikmati hari dengan menyesap teh nasgitel di tengah derai hujan sembari menonton televisi. Ah, nikmatnya… Dua kanal televisi berita lokal berlomba menyajikan berita teraktual: Banjir Mengepung Jakarta! Tanpa harus berbasah-basah ria, saya tahu kondisi di luar sana. Oh iya, saya juga memantau kondisi lapangan (halah, bahasane) dengan menyimak situs berita online dan situs jejaring sosial. Thanks to all journalists and citizen journalists.

Banjir besar yang terjadi sejak Rabu, 16 Januari 2013, mengingatkan saya pada banjir besar yang terjadi pada 1-10 Februari 2007 silam. Waktu itu lalu lintas lumpuh karena banjir memutus seluruh akses transportasi. Saya sempat terjebak berjam-jam di atas bus kota yang melintas danau dadakan. Sebanyak 13 sungai yang melintasi Jakarta – dari Bogor-Puncak-Cianjur, meluap. Dan, air laut pun sedang pasang.

Akibatnya, hampir tiga per empat wilayah DKI Jakarta terendam banjir dengan kedalaman hingga 5 meter di beberapa lokasi. Pada waktu itu, 320.000 orang harus mengungsi, 80 orang tewas, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp4,3 triliun. Menurut data, banjir 2007 lebih parah ketimbang banjir yang terjadi pada 2002 dan 1996.

Banyak orang menyatakan, banjir yang terjadi minggu ini tidak lebih parah daripada 2007. Curah hujannya tak setinggi enam tahun lalu, pun laut tak pasang. Menurut data yang dirilis Kementerian Pekerjaan Umum (PU), ketinggian air di pintu air Manggarai pada Kamis (27/1) mencapai 10.030 cm. Lebih rendah daripada kondisi 2007, yang mencapai 10.080-10.090 cm.

Kondisi banjir kali ini makin parah karena buruknya sistem drainase dan sungai-sungai yang tak pernah dikeruk oleh pemerintahan Gubernur yang lalu. Mungkin juga, bencana kali ini terlihat makin “dahsyat” karena makin maraknya citizen journalists yang meng-up date kondisi terakhir via social media atau bahkan mengirimkan video amatirnya ke stasiun televisi swasta nasional. Apa yang dulu tak sempat ter-cover berita, kini kabar dari wilayah yang paling pelosok pun kabarnya bisa didengar. Tapi, apapun itu mudah-mudahan banjir lekas surut.

Saya makin menyadari kalau orang Indonesia itu punya rasa ingin tau yang gede banget, selain nyali yang tinggi banget. Betapa tidak, kalau di negara lain warga bakal menuruti proses evakuasi bencana yang digagas pemerintah setempat, eh di Jakarta justru banyak warga yang menolak dievakuasi. Alasannya ingin menjaga harta benda. Nggak mau nyalahin juga sih, secara di berita tadi pagi ada maling TV ketangkep di lokasi bencana. Bah! Ini sih malingnya harusnya ditenggelemin di bendung Katulampa aja…

Selain gak mau dievakuasi, warga Jakarta yang punya rasa ingin tahu tinggi justru menyambangi lokasi banjir. Alasannya: pengen nonton banjir. Speechless deh. Nggak tau mau komentar apa. Dengan naik motor atau jalan kaki, mereka justru datang ke lokasi banjir. Mungkin mereka ingin membuktikan derasnya arus air bah, disamping menyaksikan perjuangan para korban banjir melawan derasnya air buthek untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Pusat evakuasi korban banjir biasanya di masjid, gedung sekolah, atau gedung pemerintahan level Kelurahan/Kecamatan. Mhm, kok belum ada warga yang mengungsi di Balai Kota atau Istana Negara ya? Hihihi..

Konyolnya, para penikmat Wisata Bahari ini masih sempat foto-foto. Seperti yang banyak dilakukan beberapa orang iseng tadi malam di tengah banjir di sekitar Bundaran HI yang sedikit surut. Koplak! Tapi, tak ada yang menikmati sensasi Wisata Bahari seperti turis asal Jerman bernama Tim Lehman. Kemarin sore herr Lehman tidur-tiduran di atas pelampung di atas air banjir yang menggenangi jalan MH Tamrin.

Well, enjoy Jakarta!

 
Leave a comment

Posted by on January 18, 2013 in Random Thought

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: