RSS

Pak Bos yang Berwibawa

09 Mar

ImageSuatu hari, seorang pimpinan tertinggi sebuah perusahaan tiba-tiba melakukan sidak ke pabrik untuk melihat kinerja para pegawai. Di pabrik, ia menemukan seorang pria muda yang sehat dan bugar tengah duduk santai di lantai, dengan punggung bersandar ke dinding. Sementara di ruangan itu semua pegawai sedang sibuk bekerja.

Si bos segera menghampiri pria muda yang sedang bersantai itu. Si pemuda segera berdiri. Ia gugup melihat para petinggi perusahaan menuju ke arahnya.

“Berapa kau dapat penghasilan sebulan?” tanya pak bos dengan nada suara berat, menahan amarah.

“Du.. du.. dua juta per bulan, pak. Maaf, ada apa ya pak?” tanya si pemuda, kebingungan.

Tanpa banyak bicara, si bos segera mengeluarkan dompet dan mengambil pecahan Rp100.000-an. Ia lalu mengulurkan beberapa lembar kepada si pemuda. “Ini gajimu tiga bulan ke depan, Rp6 juta. Pesangonmu. Cepat keluar. Pergi dari sini. Awas, jangan kembali lagi!” kata si bos, bersungut-sungut.

Dengan gugup dan setengah takut, si pemuda itu segera meninggalkan tempat itu. Tanpa banyak bicara dan tanpa menoleh ke belakang.

Lalu, dengan gesture dan wajah berwibawa, si bos mendekati pegawai lain yang menyaksikan adegan tersebut. Si bos berkata, “Itulah nasib karyawan yang bersantai di pabrik ini. Saya akan berhentikan saat ini juga. Tidak ada tawar menawar. Tidak ada ampun. Kalian semua mengerti?”

“Mengerti, pak” sahut para pegawai pabrik itu.

Kemudian si bos melanjutkan sidak. Ia kemudian bertanya kepada manajer pabrik yang sedari tadi berdiri mematung di sampingnya. “Anda tahu, dari divisi mana pemuda tadi?”

Semua hening. Dengan ragu-ragu, manajer itu berkata, “Dia tidak bekerja di sini, pak. Dia penjual es cendol keliling yang sedang menunggu gelasnya….”

 
Leave a comment

Posted by on March 9, 2013 in Who's The Boss?

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: