RSS

Nggak Gampang Jadi Lurus

02 Apr

Image

Entah apa yang salah di negara ini semua yang sudah diatur justru dilanggar. Apa yang sudah ‘ditakdirkan’ baik di pelajaran Budi Pekerti justru jadi barang aneh di mata masyarakat saat ini. Orang jujur justru babak belur. Orang baik justru dimanfaatin orang lain. Orang teguh pendirian dianggap berkepala batu. Hm, sounds familiar?

Harus saya akui bahwa saya juga bukan orang yang selalu menaati peratuan. Tapi pelanggaran yang saya lakukan ini hanya untuk peraturan-peraturan yang tidak membahayakan nyawa saya dan kepentingan (lebih banyak) pihak. Contoh ‘peraturan’ yang sering saya terjang antara lain harus selalu setuju dengan apa kata pakbos, harus jadi anak manis biar gampang naik gaji, atau perempuan harus rela ‘disiksa’ demi penampilan (katanya no pain no gain, makan tuh high heel 12 cm sebagai pengganti nasi!) dsb.

Boleh kan menjadi berbeda? Toh apa yang saya langgar itu bukan peraturan legal formal negeri ini. Menurut saya ada hal yang lebih penting dari sekadar menaati ‘peraturan-peraturan absurd’ yang sengaja diciptakan pihak tertentu untuk melanggengkan superioritasnya. Hal penting menurut saya adalah menjadi orang yang Lurus.

Silakan tertawakan saya sebagai orang naif atau orang paling bodoh sedunia. Kalau menurut saya (berdasarkan aturan baku) itu salah, ya berarti salah. Kalau memang itu tidak benar, ya berarti salah. Semudah itu. Hanya saja di negeri ini orang-orang yang ‘lurus’ semacam ini justru dianggap benalu. Kami jadi musuh bersama dan kadang harus dieliminasi sesegera mungkin.

Ketika dunia sudah menjadi belak-belok kagak karuan, dibutuhkan orang-orang yang teguh lurus. Saya gak berniat jadi pahlawan kesiangan. Saya gak mau mati konyol gara-gara paham yang saya anut ini. Saya juga gak berniat membuat artikel ini sebagai pencitraan bahwa saya ini orangnya lurus bin saklek. Saya hanya ingin tegaskan kalau keputusan menjadi ‘berbeda’ ini didasari keinginan menjadi Peran Penyeimbang. Kalau di dunia ini hanya ada satu kutub, tentu akan timpang. Itu saja.

 

A straight path never leads anywhere except to the objective.
Andre Gide

 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2013 in Random Thought

 

Tags:

Leave a Reply

 
