RSS

Google Street View: Akhirnya Datang Juga…

07 Apr

ImageIndonesia menjadi negara ke-45 yang dilayani Google Street View. Untuk tahap awal, proyek Street View baru menjamah Jakarta sebelum ke kota-kota lain.

Para ekspatriat atau orang dari daerah, seringkali merasa “tertipu” dengan peta Jakarta. Di peta, Grand Indonesia dan Wisma GKBI terdapat di satu ruas jalan yang sama: jalan Sudirman. Titik pertama berada di dekat Bundaran Hotel Indonesia (HI), titik kedua berada di sekitar jembatan Semanggi. Asumsinya, kedua tempat itu bisa ditempuh dalam waktu singkat. Namun, pada kenyataannya sungguh di luar dugaan: perjalanan antara GI dan GKBI harus ditempuh satu jam!

Selain karena kemacetan yang semakin parah, orang luar daerah banyak yang tak menyadari bahwa perjalanan antara dua tempat itu harus memutar jembatan Semanggi. Tapi, kejadian semacam ini tak akan terjadi lagi. Ekspatriat maupun orang daerah yang berkunjung ke Jakarta untuk urusan bisnis atau wisata bisa mengakses layanan Google Street View. Mereka bisa mendapatkan foto kondisi dan panorama kota, sebagai fitur ekstra Google Maps yang lebih rinci. Asyik!

Pada 23 November 2012 silam, perusahaan penyedia layanan mesin pencari terbesar di dunia, Google Inc., meluncurkan layanan Google Street View di Indonesia. Dan, mulai hari Jumat siang itu, warga Jakarta makin sering menemui mobil berwarna putih dengan “bola” berwarna biru yang dipasang di atas atap mobil berseliweran di jalanan Ibukota. Itu adalah mobil Google Street View. Tim yang berada di dalam kendaraan tersebut bertugas mengumpulkan foto jalanan dan panorama Jakarta. Nantinya, setelah diolah, foto akan diunggah ke layanan Google Street View.

Andrew McGlinchey, Product Manager Google menuturkan, di Jakarta, perusahaan mengoperasikan lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera yang sanggup berputar 360 derajat. Nah, “bola” berwarna biru itu adalah kamera yang mampu menangkap gambar dengan sembilan angle berbeda. Ia tak menampik butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Tapi, ia pasang target: pada pertengahan 2013, pengguna bisa mengakses peta Jakarta via Google Street View.

Jakarta Pertama

seremoni-dimulainya-google-street-viewp>Jumat (23/11) siang itu, di pelataran Epicentrum Walk, Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengibarkan bendera sebagai tanda simbolis mulainya proyek Google Street View di Tanah Air. Indonesia merupakan negara ketiga di Asia Tenggara, setelah Singapura dan Thailand, sekaligus negara ke-45 di dunia yang akhirnya disambangi Google Street View.

Menurut Mari, layanan perpetaan (mapping) Google itu bisa mendukung perkembangan industri kreatif dan pariwisata Indonesia. “Google Street View adalah bagian dari konten kreatif digital yang akan menambah infrastruktur,” kata Mari. Sebagai tahap awal, Jakarta mendapatkan kehormatan untuk direkam. Selanjutnya, Mari mengatakan proyek Google Street View akan menuju kota-kota lain, disamping daerah terpencil di beberapa wilayah Indonesia. Untuk tahap awal, Mari berharap layanan akan terkonsentrasi di 16 destinasi wisata yang tengah dikembangkan pemerintah.

Lebih lanjut dia mengatakan, layanan ini bisa membantu calon wisatawan untuk melihat lokasi yang hendak dikunjungi. “Kami percaya teknologi perpetaan bisa membawa banyak manfaat, salah satunya menambah informasi mengenai destinasi wisata,” kata Mari. Mereka yang berasal dari luar daerah, imbuh Mari, bisa menyusun rencana strategis mengenai tempat menginap maupun tempat bertemu klien (meeting point) agar terhindar dari kemacetan. Sementara itu, dari kaca mata pemerintah, Mari melihat layanan Google Street View bisa digunakan untuk memantau pembangunan infrastruktur, terutama di daerah.

Sementara itu, Andrew McGlinchey mengatakan layanan ini bisa digunakan untuk mengetahui kondisi Jakarta yang sebenarnya, disamping juga bisa menunjukkan lokasi-lokasi yang menarik. “Walaupun hasil dari Google Street View tidak real time, tapi bisa memberikan banyak gambaran dari suatu daerah,” kata Andrew. Jadi, kalau jalanan macet ya tampak macet. Hanya saja, di gambar tidak terasa bahwa pengguna berada di tengah kemacetan.

Street View merupakan layanan foto panorama buatan Google. Melalui layanan ini, pengguna dapat melihat keadaan sebuah wilayah melalui foto-foto yang sudah diambil sebelumnya. Selain menghadirkan gambar wilayah di sebuah kota, layanan Street View juga menampilkan foto-foto dari daerah wisata terkenal. Nantinya, foto akan di-update tiap satu atau dua tahun sekali. $$$ ARI WINDYANINGRUM

 

APA ITU GOOGLE STREET VIEW?

tampilan street view 1p> Google Street View adalah fitur Google Maps yang menyediakan panorama jalan 360 derajat (bisa dilihat secara memutar penuh dalam sembilan angle berbeda). Sejak diperkenalkan pada 2007, pengguna bisa melihat pemandangan kota pilihan mereka di 45 negara berbeda, termasuk Indonesia yang baru bergabung dalam proyek Street View akhir tahun lalu.

Ketika pengguna mengoperasikan fitur ini, mereka bisa melihat foto kondisi jalanan dan panorama kota. Selain itu, pengguna bisa menjelajah kota tersebut dengan menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse.

Foto panorama kota bisa dilihat dalam berbagai ukuran, arah, dan sudut. Bila memungkinkan, pengguna bisa memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) foto. Sementara itu, garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang harus diikuti pengguna untuk mencapai tujuan.

Bagi pengguna yang ingin mengubah tampilan menjadi model tiga dimensi, Google telah memberikan layanan tersebut. Tentu saja, untuk bisa menikmatinya, pengguna harus memakai kaca mata khusus.

Foto-foto yang bisa diakses pengguna Google Maps dan Google Street View secara tanpa batas ini sebelumnya diambil oleh kamera khusus yang ditaruh di atas mobil. Layanan ini bisa diakses di gadget dengan aplikasi berbasis Apple iPhone, BlackBerry, Windows Mobile, maupun Android, selama gadget sudah terinstal Google Maps. $$$ (AWN)

 

TIMELINE GOOGLE STREET VIEW

25 Mei 2007 Pertama kali diperkenalkan ke publik Amerika Serikat
12 Mei 2008 Pertama kali memperkenalkan teknologi face-blurring. Di tahap awal baru memburamkan foto wajah yang tak sengaja terekam di wilayah kota New York.
16 April 2008 Layanan Google Street View terintegrasi penuh pada Google Earth 4.3
10 Juni 2008 Teknologi face-blurring diterapkan di seluruh foto wajah yang terekam kamera.
2 Juli 2008 Mulai merambah Perancis dan Italia, dua negara pertama di luar AS. Sekaligus memulai debut kamera Generasi 4.
4 Agustus 2008 Mulai melayani kota-kota besar di Australia dan Jepang
26 November 2008 Memperkenalkan ikon untuk mereprentasikan lokasi tertentu dan memperbarui sistem tombol navigasi.
9 April 2009 Layanan Google Street View tersedia dalam opsi layar penuh (full-screen).
5 Juni 2009 Memperkenalkan Smart Navigation yang memungkinkan pengguna melihat panorama dari sembilan angle berbeda
14 Januari 2012 Pengguna yang menggunakan versi lebih rendah dari Google Earth 6.0 tidak bisa lagi mengakses konten Street View.
23 November 2012 Indonesia menjadi negara ke-45 di dunia dan negara ke-3 di Asia Tenggara (setelah Singapura dan Thailand) yang dilayani Google Street View.

(As published on majalah OPTIMIZer ed 01/Maret 2013)

 
Leave a comment

Posted by on April 7, 2013 in Smartpreneur

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: