RSS

Manusia yang Tidak Tampak

26 May

ImageManusia adalah manusia yang tidak tampak. Manusia tahu dan percaya kalau ia punya jantung, paru-paru, ginjal, empedu, dan lain-lain, tanpa pernah melihat langsung organ tubuhnya yang tidak tampak itu. Manusia hanya bisa percaya semua organ dalam itu tanpa pernah merasa perlu untuk membuktikannya.

Untuk bisa melihatnya, perlu alat bantu tembus pandang. Alat bantu itu pun hanya sanggup memperlihatkan imaji, bukan realita. Untuk melihat realita, dibutuhkan pembedahan. Untuk menjalani pembedahan pun manusia harus dalam keadaan tidak sadar. Baru setelah sadar, sang pembedah akan menunjukkan sebagian atau salah satu organ tubuhnya –yang kadang sudah tidak karuan lagi bentuk rupanya sehingga harus diangkat.

Manusia adalah manusia yang tidak tampak. Jika segalanya diukur dari yang tampak dari penglihatan, pernahkah manusia melihat suaranya? Melihat pikirannya? Melihat perasaannya. Manusia percaya bahwa ia hidup selama hayat masih dikandung badan. Akan tetapi, pernahkah manusia melihat nyawanya sendiri?

Betapa yang tidak tampak itu adalah hal terpenting bagi hidup manusia dan menjadi motor penggerak bagi yang tampak. Apa yang tidak tampak menguasai yang tampak.

 
Leave a comment

Posted by on May 26, 2013 in Random Thought

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: