RSS

Benang Merah, Mana Benang Merah?

03 Jul

Image

Saya suka bikin status “Mencari Benang Merah” kalau sedang stuck menulis. Betapa tidak nyamannya ketika tersesat pada paragraf pembuka, gagap pada detil, dan linglung di paragraf penutup.

Sebagian kawan sudah paham, kalau ada status itu berarti harap minggir sejenak. Kalau enggak, bakal ada tragedi Senggol Bacok. Maklum, si empunya gadget lagi dikejar deadline yang terkutuk tapi otak lagi buthek.

Di kalangan jurnalis, benang merah itu istilah untuk mengaitkan beberapa data dan fakta. Istilah itu kemudian diperlebar menjadi mencari inspirasi plus mood yang lenyap entah ke mana pada saat deadline menghadang.

Memiliki pengalaman menjadi jurnalis selama satu dasawarsa (halah!), bukan berarti saya tak pernah lagi menghadapi kondisi kehilangan benang merah. Itu hal wajar bagi penulis. Cuma gimana kita ngadepinnya aja.

Kalau sudah begini saya suka tidur, jalan-jalan naik kereta ke tujuan yang tidak biasanya, atau apa aja yang di luar kebiasaan. Biasanya otak bakal makin segar dan inspirasi bakal datang. Ada juga kawan yang menyarankan saya untuk pergi ke toko alat jahit, borong noh benang merah satu kotak. Hm, andaikan inspirasi bisa dibeli di toko alat jahit.

Saya sering menghadapi kawan-kawan (bahkan ibu dan saudara-saudara saya) yang heran kenapa saya bisa menulis dengan baik dan cepat. Ada yang bilang bakal nangis-nangis kalau disuruh nulis. Sempat heran juga sih, perasaan gak gitu-gitu amat deh.

Jujur, saya sebenarnya lebih heran lagi kenapa ada kawan sanggup bekerja di ruangan seharian, ngitungin duit yang bukan punya dia atau ngadepin pakbos super galak tiap hari atau melototin mesin di pabrik. Ah, pekerjaan yang kita lakukan kadang bisa bikin amazed orang lain yang tidak pernah mengerjakan, bukan?

 

“Work is love made visible. And if you cannot work with love, but only with distaste, it is better that you should leave your work and sit at the gate of the temple and take alms of those who work with joy.” (Khalil Gibran)

 
 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: