RSS
Video

Cintai Musiknya, Cintai Iklannya, Belum Tentu Beli Produknya..

06 Jul

Aarrggghh.. Setiap kali ada iklan kamera Canon EOS M di televisi saya tergerak untuk membesarkan volume, kalo perlu sampe tahap notok jedok paling kenceng. Saya sampai bela-belain googling dan nyari di youtube untuk nyari judul lagunya. Dan, sodara-sodara, lagu yang dipake untuk iklan itu judulnya Secret dari One Republic. Niat bener yak..

Entahlah, saya suka memperhatikan iklan, entah itu di televisi, radio, atau majalah. Di jaman kuliah dulu, saya sampai ambil mata kuliah periklanan selama satu semester. Bahkan, skripsi saya pun topiknya soal iklan.

Dulu cita-citanya pengen kerja di perusahaan periklanan (orang yang bikin iklan, bukan orang yang nyari iklan ya, catet!). Nggak meleset jauh sih, pekerjaan saya akhirnya masih berhubungan dengan iklan. Tapi, iklan sebagai penggerak majalah tempat saya bekerja. Gak ada iklan, gak ada pemasukan, ujung-ujungnya gak bisa gajian. Bagi sebuah perusahaan media, as simple as that.

Tapi, saya nggak mau ngobrolin susahnya nyari iklan untuk sebuah perusahaan media. Saya lagi pengen nulis soal lagu-lagu yang ada di iklan. Kalo menurut ilmu yang pernah saya pelajari, musik merupakan komponen penting dalam periklanan yang berbasis voice (entah itu televisi atau radio). Jingle, musik latar, tune, atau aransemen klasik digunakan dalam iklan digunakan untuk menarik perhatian masyarakat. Saya mungkin salah satu korban iklan Canon EOS M.

Selain itu, musik juga bisa berguna untuk menetapkan nada emosi dan mempengaruhi perasaan masyarakat, disamping menyampaikan titik penjualan. Kalo menurut para akademisi periklanan, berbagai variasi musik digunakan untuk fungsi komunikasi, identitas promosi produksi, gambaran segmentasi produk, penguat pesan, artistik, dan tentu saja, seperti yang udah ditulis di paragraf sebelumnya: menarik perhatian khalayak ramai.

Ini seperti strategi simbiosis mutualisme. Di satu sisi produk bisa diingat berkat sebuah lagu, di sisi lain lagu juga bisa diingat dari sebuah iklan. Banyak band-band kurang terkenal yang kemudian jadi terkenal berkat sebuah perusahaan menggunakan lagu mereka untuk iklannya, seperti Apple (iPod dan iTunes) yang memilih lagu Are you Gonna Be My Girlfriend dari Jet atau Mizone yang pakai lagu Great DJ dari The Ting Tings.

Sebaliknya, ada juga lagu-lagu yang udah familiar di kuping dipake untuk iklan. Kayak iklan Bebelac 3 yang pake lagu Barry White yang judulnya You’re the First, the Last, my Everything; Gulaku pake lagunya The Archier (Sugar, Sugar); atau iklan Vaseline (atau Nivea ya?) jadul pake lagunya The Verve yang Bitter Sweet Memories — intro stringnya mirip banget ama musik klasik yang judulnya saya lupa hehehe..

Atau ada juga iklan yang pakai lagu yang lagi booming semacam Secret-nya One Republic, seperti Everything at Once (Lenka) di iklan Window 8 atau Sweet Disposition (Temper Trap) untuk iklan Toyota Yaris (di TVC Indonesia), iklan Diet Coke dan Chrysler di Amrik sono.

Satu hal yang menarik, ada sebuah lagu yang tadinya digunakan untuk iklan tapi kemudian dirilis secara terpisah menjadi milik si penyanyi karena lagunya jadi ikutan booming. Kayak lagu Techicolor dari Paloma Faith untuk Samsung Corby. Jadi kepikiran, bayarannya berapa ya? Secara harga pasaran di Indonesia kalo bikin jingle iklan durasi 30 detik itu minimal Rp8 jutaan.

Ujung-ujungnya, kalo sesuai teori iklan, musik yang digunakan bisa jadi penggerak masyarakat untuk membeli produknya. Meski suka banget ama lagu Secret (versi The Piano Guys lebih nampol) dan Sweet Disposition, belum tentu saya beli Canon EOS M dan Toyota Yaris. Pengen sih pasti, tapi duitnya belum ada cyn… Ada yang bersedia mbeliin? hehehehe.. Peace!

“Without music, life would be a mistake.” (Friedrich Nietzsche

 
 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
