RSS

Zona Kosong

13 Aug

Image

Segala sesuatu yang tampak, ia memiliki raga yang dikuasai ruang. Segala sesuatu yang tidak tampak, ia tanpa raga dan terbebas dari kuasa ruang. Segala sesuatu yang tampak, ditata sedemikian rupa supaya segala sesuatu yang tidak tampak tidak terganggu. Yang tampak itu disebut isi, yang tidak tampak disebut kosong. Jika isi tertata rapi maka kosong menjelma menjadi keluasan dan keleluasaan. Jika isi teratur maka kosong mewujud jalan. Dalam hidup, adakah yang dilakukan manusia selain berebut ruang?

Di dalam sholat berjamaah, saf untuk makmum ditata sedemikian rupa. Barisan dirapatkan. Berderet dan rapi jali. Di manakah jamaah bersujud? Di garis barisan itu atau di titik sujud yang berada di zona kosong di depan barisan? Jika tak ada zona kosong maka tak ada titik sujud. Yang kosong dijaga agar tetap kosong sebagai akses bagi raga bersujud kepada Sang Pencipta. Kosong adalah akses hati menuju Ilahi.

Hati adalah bilik yang terlalu sempit untuk dibiarkan penuh oleh serbaneka perasaan manusia. Ibarat rumah, apakah hati membutuhkan sampah-sampah berupa rasa benci, iri, dengki, dendam, tamak, licik, culas, angkuh, sombong, dan beragam perasaan buruk lain? Bukankah rumah hati akan lebih damai, nyaman, hangat, dan indah jika ia berisi cinta, kasih, perhatian, tulus, ikhlas, ridha, doa, maaf, terima kasih, tolong menolong dan bermacam perasaan baik lainnya? Memilih isian hati dan menatanya adalah cara terbaik untuk mendapatkan kesunyian untuk menjadi akses keheningan menuju kepada DIA.

Selamat Idul Fitri 1434 H.  Mohon Maaf Lahir dan Batin.

 
Leave a comment

Posted by on August 13, 2013 in Random Thought

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: