RSS
Video

The Piano Guys: Bikin Lagu Biasa Jadi Luar Biasa

04 Sep

Perkenalan saya dengan The Piano Guys terbilang unik. Salah seorang kawan, Tami, mantan reporter saya, berulang kali berkoar, “Ada musisi keren nih, mbak-e, The Piano Guys.” Berulang kali pula ia men-tag saya di video yang diunggahnya di Facebook. Saya adem ayem saja. Wong saya cuma ngecek FB lewat BlackBerry, mana bisa muter video (atau saya yang terlalu gaptek ya?). Emang di mana sih kerennya ini musisi?

Baru kemudian ketika saya berkunjung ke Disctara, lagi-lagi bareng si Tami, saya mulai jatuh cinta sama karya mereka. Tapi, saya nggak mau ngaku kalo baru pertama kali denger lagu mereka ya di toko kaset itu. Jadi saya sok cool aja di depan rak CD. Padahal aslinya udah jejeritan dalam hati dan gak tahan pengen borong semua CD The Piano Guys hehehe..

Anyway, lupakan soal ketololan saya yang telat kenal The Piano Guys. Saya justru ingin memperkenalkan grup musik ini kepada Anda. Biar nggak nyesel di kemudian hari. Grup musik ini berasal dari St. George, Utah, Amerika Serikat. Personelnya ada empat orang, yakni Jon Schmidt (si piano guy yang sudah bersolo karir 20 tahun), Steven Sharp Nelson (si cello guy yang mirip Mr. Bean dan selalu selalu tampil heboh), Paul Anderson (videographer merangkap produser), dan Al van der Beek (si studio guy merangkap songwriter yang semula saya pikir keturunan indo Belanda-Maluku. ternyata keturunan Belanda-Samoa).

Keahlian mereka, selain merilis lagu sendiri, The Piano Guys juga melakukan cover version lagu-lagu milik orang lain. Tapi, ajaibnya, di tangan mereka lagu-lagu yang semula biasa-biasa aja jadi luar biasa. Seperti lagu What Makes You Beautiful dari One Direction yang semula saya taruh di ‘papan bawah’ lagu pilihan, ternyata jadi luar biasa pas mereka mainkan. Kalo gak percaya, putar aja video yang saya embed di atas.

Dan, saya pun makin merinding pas denger lagu Secret dari One Republic yang digubah menjadi lebih agung dan terkesan makin mahal, karena di-mix dengan komposisi 5th Symphony punya Beethoven. Begitu juga lagu Rochebel’s Canon (versi koplak komposisi klasik Canon in D milik Pachebel), A Thousand Years, Somewhere Over The Rainbow, sampai lagu Titanium dan Without You-nya David Guetta.

Menariknya, The Piano Guys bener-bener memanfaatkan social media. Mereka rajin banget berinteraksi sama penggemarnya. Kalo lagi iseng, mereka suka tanya lagu apa yang bagus buat digubah. Trus kadang suka pamer foto lokasi trus tanya ke penggemarnya, enaknya lagu apa yang bagus untuk dibawain di sini ya? Seperti baru-baru ini mereka unggah foto piano ditaruh di bawah laut. Request pun bejibun, mulai lagu OST Titanic My Heart Will Go On sampe Somewhere Beyond the Sea.

Begitu juga untuk urusan marketing mereka hobi naruh video di Youtube, sebelum akhirnya merilis album. Per 25 Agustus 2013, video lagu-lagu mereka sudah ditonton lebih dari 263 juta kali! Padahal mereka baru mulai mengunggah video pertama mereka, Michael Meets Mozart pada 17 Mei 2011. Kata mereka lagu ini didedikasikan untuk Michael Jackson dan Mozart. So sweet.

Sayang seribu sayang, Indonesia nggak termasuk negara tujuan tour mereka. The Piano Guys memilih konser di Singapore, Senin, 2 September 2013 lalu. Trus besok mereka bakal konser di Filipina *garuk-garuk aspal, asli ngiri*. Kalo ada promotor musik yang berhasil mendatangkan The Piano Guys ke Jakarta, saya rela jualan panci deh buat nambah-nambah duit demi beli tiketnya hehehe..

 

Bukti cinta saya ama Piano Guys, bikin tulisan lain tentang mereka di blog ini dengan judul Kung Fu Piano: Tendangan Si Chopin.

 
1 Comment

Posted by on September 4, 2013 in Musiclicious

 

Tags: ,

One response to “The Piano Guys: Bikin Lagu Biasa Jadi Luar Biasa

Leave a Reply

 
