RSS

Cek Posisi KRL dari Ponsel

16 Feb

Image

Ini adalah aplikasi yang sudah dinanti-nanti para roker (rombongan kereta), yakni fasilitas mengecek posisi KRL Jabodetabek via gadget. Layanan ini bisa diakses melalui ponsel (mau android atau blackberry apa aja boleh, yang penting bisa akses internet), tablet, maupun laptop/PC. Beberapa stasiun sudah menampilkan aplikasi ini di layar TV plasma yang tersebar di loket maupun peron. Mantab!

Sebenernya, PT KAI Commuter Jabodetabek udah memperkenalkan aplikasi ini sejak setahun silam, tepatnya mulai 26 Februari 2013. Tapi, ya begitulah.. Masih belum banyak yang ngeh. Selama ini kita masih mengandalkan metode “Cangkem” alias nanya langsung ke petugas loket atau security yang rajin banget mondar-mandir di peron stasiun.

Karena berbasis online, berarti Anda harus mengakses via http://infoka.krl.co.id/to/kode_stasiun. Kode stasiun ini adalah stasiun tempat kita berada (nunggu kereta). Misalnya Anda nunggu di stasiun Cikini maka kodenya “CKI”, kalau stasiun Manggarai kodenya “MRI”. Sabar deh, ntar saya kasih list kode stasiun di bagian bawah tulisan ini.

Dari tampilan di layar ponsel, nanti ketahuan kereta masih berada di stasiun mana. Kalau di CKI berarti cuma akan ada tiga warna yang menunjukkan tiga opsinya kereta, yakni kereta yang menuju stasiun Kota, menuju Bogor/Depok, atau menuju Bekasi. Tapi, kalau pas di MRI, bakal ada lebih banyak kode warna yang menunjukkan opsi tujuan – mengingat Manggarai adalah stasiun persimpangan (tempat penumpang oper kereta).

Buat yang masih bingung, kode “ber” itu artinya berangkat. Kalau “di” berarti itu kereta lagi mandeg di stasiun yang namanya tersebut di layar. Dan, sabar aja kalo sistemnya masih belum sempurna. Misalnya kereta dibilang masih di Gambir, tapi tiba-tiba gak lama kemudian udah nongol di Cikini (lompat satu stasiun).

Karena real time, maka tampilannya bakal berubah-ubah sesuai waktu ngekliknya. Dan yang muncul memang posisi kereta terdekat aja. Tapi, lumayan lah.. jadi Anda bisa punya waktu buat beli beli makan dulu di Sevel atau Indomart hehehe..

Soalnya, dengan aturan baru, di peron gak ada lagi orang tukang jualan. Kalo udah “kejebak offside” di dalam stasiun dalam kondisi laper, tapi posisi kereta masih jauh (atau malah belum tersedia di stasiun pemberangkatan), beuuhh.. njengkelin banget!

Sesuai janji, nih daftar kode stasiunnya. Monggo disimak:

# Jakarta Kota JAK
# Jayakarta JYK
# Mangga Besar MGB
# Sawah Besar SW
# Juanda JUA
# Gambir GMR
# Gondangdia GDD
# Cikini CKI
# Manggarai MRI
# Tebet TEB
# Cawang CW
# Duren Kalibata DRN
# Pasar Minggu Baru PSMB
# Pasar Minggu PSM
# Tanjung Barat TNT
# Lenteng Agung LNA
# Universitas Pancasila UP
# Universitas Indonesia UI
# Pondok Cina POC
# Depok Baru DPB
# Depok DP
# Citayam CTA
# Bojonggede BJD
# Cilebut CLT
# Bogor BOO
# Bekasi BKS
# Kranji KRI
# Cakung CUK
# Klender Baru KLDB
# Buaran BUA
# Klender KLD
# Jatinegara JNG
# Pondok Jati POK
# Kramat KMT
# Gangsentiong GST
# Pasar Senen PSE
# Kemayoran KMO
# Rajawali RJW
# Kampung Bandan KPB
# Ancol AC
# Tanjung Priok TPK
# Tangerang TNG
# Batu Ceper BPR
# Poris PI
# Kalideres KDS
# Rawa Buaya RW
# Bojong Indah BOI
# Pesing PSG
# Duri DU
# Tanahabang THB
# Angke AK
# Karet KRT
# Sudirman SUD
# Serpong SRP
# Rawabuntu RU
# Sudimara SDM
# Jurangmangu JRU
# Pondok Ranji PDJ
# Kebayoran KBY
# Palmerah PLM

 
Leave a comment

Posted by on February 16, 2014 in Wheels on the Road

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: