RSS

Panduan Naik KRL Jabodetabek buat Pemula

16 Feb

Image

Kapan hari, saya janjian dengan Danti, sepupu saya, untuk berkunjung ke rumah saudara di Bintaro. Kami sengaja naik KRL Jabodetabek sampai stasiun Jurang Mangu lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek. Tapi, karena satu dan lain hal, kami menaiki kereta dengan jadwal terpaut jauh. “Ntar kita ketemuan di rumah tante saja ya,” kata dia. Okesip. Nggak masalah.

Begitu bertemu di rumah tante, dia ngomel-ngomel nggak karuan, “KAI bener-bener menyusahkan penumpang. Masak penumpang yang turun di stasiun Tanah Abang mau oper ke kereta lain beli tiketnya harus muter jauh? Naik turun tangga bisa lima menit sendiri. Udah gitu antreannya panjang pula.. bla bla bla..” Saya dengerin aja dengan senyum-senyum geje. Ada newbie, penumpang baru hehehe..

Setelah dia puas ngomel-ngomel, saya tanya. “Emang tadi naik dari Cawang bilang turun mana?” Danti, sepupu saya jawab, “Turun Tanah Abang. Kan kalo dari Cawang mau ke Jurang Mangu harus oper kereta di stasiun Tanah Abang”. Another big grin😀

Baiklah, ini kesalahan yang sering dilakukan penumpang pemula. Di sistem rute dan tiket KRL Jabodetabek yang baru, penumpang cukup menyebutkan stasiun tujuan. Nggak perlu tujuan akhir kereta atau stasiun oper (untuk beli tiket lagi ke perjalanan selanjutnya). Mengapa? Karena ini berkaitan dengan harga tiket yang harus Anda bayar. Kalau mau peta rute KRL Jabodetabek, bisa baca artikel Jalur Warna-Warni Rute KRL Jabodetabek (monggo, bisa langsung diklik link-nya).

multi tripMisalnya, Anda dari stasiun Citayam ingin ke Cikini, sebutkan saja stasiun Cikini bukan stasiun Kota. Atau Anda dari stasiun Cawang ingin ke Jurang Mangu, sebutkan saja stasiun Jurang Mangu, bukan Serpong atau Tanah Abang (karena Anda berpikir harus beli tiket untuk naik kereta Serpong, seperti Danti).

Kalau Anda hanya sesekali menggunakan jasa KRL Jabodetabek, Anda bisa beli tiket SINGLE TRIP (Tiket Harian Berjaminan) yang warnanya putih. Harga tiket tergantung pada jarak tempuh. Untuk LIMA STASIUN PERTAMA, Anda bayar Rp2.000 dan tiap TIGA STASIUN BERIKUTNYA dihargai Rp500.

Kalau jarak tempuh Anda cuma tiga stasiun, Anda cukup bayar Rp2.000. Kalau tujuh stasiun Rp2.500. Kalau 10 stasiun Rp3.000. Dan seterusnya. Tapi, ingat, Anda harus bayar UANG JAMINAN TIKET Rp5.000. Jadi, ongkos yang harus Anda bayar tadi harus ditambah Rp5.000. Tapi, uang Rp5.000 ini bisa Anda dapatkan kembali kalau ada mengembalikan tiket di stasiun tujuan. Perhitungan pembayaran tiket bisa dibaca selengkapnya di artikel saya sebelumnya yang berjudul Sistem Tarif Progresif: Tiap Tiga Stasiun Rp500.

ImageKenapa ada uang jaminan tiket? Ini karena PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mumet ama polah orang Indonesia yang belum terbiasa dengan tiket keren yang bentuknya mirip kartu ATM. Dulu, waktu awal penggunaan e-tiket, banyak penumpang yang bawa pulang itu kartu — nggak dibalikin ke loket. Dulu, tiket Single Trip desainnya lebih cantik. Ada foto kereta segala, bukan putih polos aja. Saya rasa, ini imbas kebiasaan lama penumpang yang nggak ngasih tiket kertas ke penjaga  pintu keluar (dulu belum ada gate canggih). Akhirnya, PT KCJ bikin aturan uang jaminan itu. Kalo lo mau duit lo balik, balikin kartu tiket gw.

Refund tiket putih ini berlaku TUJUH hari. Jadi, misalnya di stasiun tujuan Anda pengen balik lagi ke stasiun awal (balik ke rumah), nggak perlu Anda refund di loket stasiun tujuan. Nanti, Anda bisa top up (isi ulang) tiket untuk kembali pulang.

Tapi, kalo Anda ogah repot atau antre buat beli, isi ulang, atau refund tiket, Anda bisa beli tiket MULTI TRIP (dulu disebut COMMET). Beli Rp50.000 nggak ada masa hangus dan bisa diisi ulang. Top up tiket Multi Trip mulai Rp10.000 sampai Rp1 juta, dengan kelipatan Rp10.000. Saldo minimal Multi Trip untuk bisa dipakai adalah Rp7.000.

layar petunjukNah, kalau tiket udah di tangan, Anda masuk peron harus tapping itu tiket ke mesin gateway. Kalau Anda pernah naik MRT di Singapura, seperti itulah.. Kalau belum pernah, berarti selamat Anda menikmati teknologi terbaru PT KAI/KCJ.

Setelah di peron, pasang telinga baik-baik, soalnya di beberapa stasiun dilewati kereta dengan tujuan berbeda-beda. Apalagi kalau Anda berada di stasiun persimpangan (tempat oper), seperti Manggarai atau Tanah Abang. Anda harus tahu kereta yang harus Anda naiki ada di peron berapa.

Di beberapa stasiun, sudah ada layar televisi plasma yang menunjukkan kereta tertentu ada di peron berapa dan lokasi kereta Anda (masih di stasiun mana dan berapa menit lagi sampai di stasiun tempat Anda menunggu). Canggih! Sayangnya, layanan ini belum ada di semua stasiun. Ke depan, bakal ada di seluruh stasiun di Jabodetabek.

ImageKRL Jabodetabek memiliki delapan rangkaian gerbong. Gerbong pertama dan terakhir, khusus untuk perempuan. Bahkan untuk kaum transgender pun dilarang naik gerbong perempuan. Jangan salah naik kalo nggak pengen dipelototin penumpang dan diusir ama security yang selalu ada di tiap gerbong.

Di tiap gerbong, ada yang namanya Tempat Duduk Prioritas. Letaknya di dekat sambungan gerbong. Jadi kalo Anda ibu hamil, bawa anak kecil, difabel, atau lansia, Anda berhak duduk di situ. Dan, buat mereka yang nggak hamil, gak bawa anak kecil, seger buger, dan belum peyot, jangan duduk di kursi prioritas kalo gak pengen digusur.

Oya, pastikan Anda nggak melebihi stasiun tujuan yang Anda sebutkan (paling tidak sesuai rumus 5 stasiun awal + kelipatan 3 stasiun berikutnya). Beberapa kereta sudah ada speaker yang memperdengarkan suara masinis atau “mbak robot rekaman” yang ngasih tau stasiun berikutnya. Tapi, kalo gak ada, Anda harus rajin liat papan stasiun.

Sebab, kalau Anda turun kebablasan bakal didenda. Untuk menyiasatinya, gak perlu panik. Anda tinggal pindah peron, naik kereta balik yang menuju stasiun tempat Anda seharusnya turun. Daripada didenda mending repot dikit kan?

tapping pintu keluarSekali lagi, biar Anda nggak “senasib” dengan Danti – yang harus memutar keluar stasiun Tanah Abang untuk beli tiket baru – Anda harus mengerti stasiun tujuan. Selama masih di stasiun persimpangan, dan Anda sudah pegang tiket sampai stasiun tujuan, Anda tinggal pindah peron. As simple as that.

Kalau udah sampai stasiun tujan, Anda tinggal tapping di gateway keluar dan refund tiket Single Trip di loket. Enjoy!

 
190 Comments

Posted by on February 16, 2014 in Wheels on the Road

 

Tags: , , , , , , , , , ,

190 responses to “Panduan Naik KRL Jabodetabek buat Pemula

  1. dita

    April 7, 2014 at 7:38 pm

    Min, besok baru pertama naik KRL nih. Kalo misal turun dari senen kalo mau naik KRL ke bogor teh gimana? Bisa langsung dari senen apa mending turun di jatinegara nanti oper ke manggarai baru ke bogor ato gimana? Masih belum jelas jalurnya, min. Reply ya. Makasih

     
  2. naningisme

    April 10, 2014 at 11:59 pm

    Hai mbak Dita, maaf baru buka blog hari ini. Telat banget.. Maklum, ini blog pribadi dan saya gak pake admin🙂

    Kalo dari Senen mau ke Bogor ada dua cara. (1) Naik kereta Jatinegara arah Bogor/Depok. Karena perjalannya panjang, mbak Dita bisa tidur dengan nyaman di kereta.. (2) Dari Senen naik Kereta arah Jatinegara, oper kereta Bekasi untuk turun di Manggarai. Nah, dari Manggarai bisa langsung naik kereta ke Bogor. Meski keliatannya ribet, opsi kedua lebih cepet nyampe Bogor (karena gak perlu melingkar).

    Biar gak bingung, bisa cek tulisan saya yang judulnya Jalur Warna-Warni Rute KRL Jabodetabek. Di situ ada peta rute, tinggal di-download trus disimpen di gadget. Makasih udah mampir di blog saya ya mbak.

     
    • Dini

      June 7, 2014 at 6:23 pm

      Mba,saya dari karadenan bogor.. Klau mau ke stasiun bekasi dari stasiun bojong gede rute.nya gmn ya,? Mohon direply yaa,makasih

       
      • naningisme

        July 3, 2014 at 12:52 pm

        Halo mbak Dini,

        Maaf udah sebulan saya gak buka blog. Kalau dari Bojong Gede mau ke Bekasi mbak tinggal naik kereta jurusan apa aja yg dari Bogor (bisa jurusan Kota atau Tanah Abang/Jatinegara) turun di Manggarai.

        Nah, dari Manggarai oper kereta ke jurusan Bekasi.

         
  3. susan

    May 29, 2014 at 8:35 pm

    mbak aku dari sudimara tujuan sta.Pondok Cina….apa yg hrs saya naikin & jam berapa aja jadwalnya…newbie KRL (susan)

     
    • naningisme

      July 3, 2014 at 1:11 pm

      Halo mbak Susan,

      Sorry for late response. Kalau dari Sudimara ke Pondok Cina, nanti dari Sudimara naik kereta Serpong-Tn Abang turun di Tanah Abang. Trus oper kereta jurusan Depok/Bogor. Nanti tinggal turun Pondok Cina.

       
  4. putri

    July 1, 2014 at 3:23 pm

    mbak mau tanya..
    saya baru di jakarta..
    nah stasiun terdekat saya itu stasiun keramat..
    kalo dari keramat mau ke gondangdia rutenya gimana ya..
    apa bisa dari keramat >> jatinegara >> manggarai, trus pindah kereta ke arah gondang dia dari stasiun manggarai..??
    nah dari jatinegara ke manggarai itu bisa di tempuh dengan jalan kaki seperti perpindahan shelter pada busway atau gimana mbak..??
    atau ada yang lain rutenya..
    mohon bantuannya ya mbak.. saya masih bgung wlaupun udah baca petanya..
    terimakasih..

     
    • naningisme

      July 3, 2014 at 12:50 pm

      Halo Putri,

      Selamat datang di Jakarta! Sebeneranya dari Kramat ke Gondangdia secara jarak (non rute kereta) juga deket.

      Tapi gpp. Kalau kamu dari stasiun Kramat berarti kamu harus naik kereta ke stasiun Jatinegara trus oper kereta jurusan Bekasi-Kota, ngikut aja. Turun di Gondangdia. (Gak perlu oper kereta di Manggarai, kan jurusan Bekasi-Kota lewat Gondangdia tuh…)

      Jarak antara Jatinegara-Manggarai itu jauh, nggak bisa jalan kaki seperti shelter busway. Karena stasiunnya gak berada di satu titik. Tapi kalo naik kereta memang cepat, nggak nyampe 3 menit.

      Mudah-mudahan membantu🙂

       
      • putri

        July 3, 2014 at 1:04 pm

        owh gtu ya mbak..
        trimakasih..

        tapi mbak klo rute biasa (non kereta), saya bisa nyampe kesana naik apa ya mbak..
        saya itu di daerah salemba tengah..
        mau ada intensive course di goethe institute (daerah gondangdia)..
        tapi masih bgung untuk nyari kendaraan umum menuju kesananya..hhe

         
  5. naningisme

    July 3, 2014 at 1:30 pm

    Iya juga sih.. kalau ke Goethe dari Salemba agak ribet. Aku ragu-ragu apakah P20 itu lewat depan Goethe (kau bisa konfirm ke mereka). Kalau lewat, dari Salemba Raya kau naik angkot M01 turun terminal Senen trus oper Kopaja P20. Paling mudah memang naik ojek/bajaj, sekitar 15-20rb.

    Sukses dengan kursusnya yaaa.. Guten tag!

     
  6. AHMADAN

    July 19, 2014 at 9:42 pm

    Thanks informasinya bagus banget. oh ya Saya dari Bekasi mau ke bogor. apa bisa pindah kereta di manggarai atau gimana.. mohon informasinya

    Terima kasih

     
    • naningisme

      July 23, 2014 at 11:18 pm

      Sama-sama🙂 Kalau dari Bekasi ke Bogor lebih baik pindah kereta di Manggarai.

       
  7. karen

    August 6, 2014 at 1:46 pm

    Informasi yg sangat membantu.. terutama utk “newbie” spt saya dan danti:-)

     
  8. bebon

    August 8, 2014 at 2:25 pm

    bagaimana cara balik dari jalur jatinegara ke tangerang

     
  9. Kevin

    September 11, 2014 at 8:10 pm

    Wah informasinya berguna sekali ini mba,
    Koreksi jika saya salah yaa ,

    Kan saya dari stasiun bogor mau ke kranji ..
    Berarti saya tinggal beli tiket jurusan jatinegera (kalau ada) , trus turun di manggarai , trus oper kereta jurusan bekasi yaa .. Gk harus beli tiket jurusan bekasi lagi kan di manggarai ..

     
    • naningisme

      September 16, 2014 at 4:30 pm

      Hai Kevin,

      Kalau dari Bogor mau ke Kranji berarti bilang ke petugas loket mau ke stasiun Kranji.

      Untuk perjalanannya, biar gak ribet kamu naik kereta Bogor-Kota (nggak harus jurusan Bogor-Tanah Abang/Jatinegara) turun di Manggarai, trus oper di Kranji. Have a nice trip!

       
  10. puput

    September 13, 2014 at 7:58 pm

    saya mau tanya juga dong hehee. pertama kali mau naik krl sendirian :”(
    dari psar senen ke pondok ranji gimana ya? oiya, di pasar senen ada krl ya? kata teman saya (kemaren sih waktu libur idul fitri) krl itu ga berenti di pasar senen. wah mohon banget sarannya ya, makasih🙂

     
    • naningisme

      September 16, 2014 at 4:24 pm

      Dari Pasar Senen memang gak ada KRL yang berhenti. Kecuali KRL dari Jatinegara ke arah Bogor (bukan Bogor-Jatinegara ya..).

      Kalau mau lebih nyaman lebih baik mbak Puput ke stasiun terdekat dari Senen deh, seperti Gang Sentiong atau Gondangdia. Dari situ tinggal bilang ke petugas loket mau ke Pondok Ranji.

      Silakan perhatikan rute yang udah tersedia di link yang ada di tulisan (yang ada tulisan “rute” – itu udah langsung nyambung ke peta rute perjalanan). Selamat menikmati perjalanan🙂

       
      • Tito

        February 11, 2015 at 11:00 am

        Mbak,

        Permisi, terkait dengan jalur diatas ini, Pasar Senen ke Pondok Ranji, apakah jalur sebaliknya (Pondok Ranji ke Pasar Senen) itu KRL juga tidak berhenti di Pasar Senen ?

        Kemudian kalo saya baca-baca peta warna-warni yang ada di atas itu apakah rute dari Pondok Ranji ke Pasar Senen adalah

        a. Pondok Ranji turun Tanah Abang
        b. Tanah Abang turun Kampung Bandan
        c. Kampung Bandan turun di Pasar Senen

        Benar seperti itukah ?

         
      • naningisme

        February 13, 2015 at 12:38 pm

        Halo mas Tito,

        KRL yang menuju stasiun Jatinegara tidak berhenti di stasiun Senen. Tapi kalo sebaliknya berhenti. Daripada bingung, asumsikan saja kereta tidak berhenti di stasiun Senen.

        Dari Pondok Ranji ke Senen tinggal naik kereta dari Pd Ranji turun Tanah Abang, lalu naik kereta langsung menuju ke arah Pasar Senen. Tidak perlu transit Kampung Bandan — tapi turun di stasiun Gang Sentiong (1 stasiun setelah Ps Senen) karena kereta tidak berhenti di Senen. Kemudian bisa naik ojek/Bajaj atau menunggu kereta arah sebaliknya.

        Atau ada alternatif lain:
        a. Pondok Ranji turun Tanah Abang
        b. Tanah Abang turun Manggarai
        c. Manggarai turun Jatinegara
        d. Jatinegara turun Senen

        Kelihatannya lebih riweh karena harus naik-turun kereta. Tapi dari sisi waktu dan jarak tempuh relatif lebih singkat. Semoga membantu.

         
  11. Abdul

    September 13, 2014 at 10:43 pm

    Mbak kalo dari bekasi ke bogor gimana yah? Lewat mana mbak?

    Ditunggu jawabannya
    terima kasih

     
    • naningisme

      September 16, 2014 at 4:20 pm

      Mas Abdul, kalo dari peta yang tersedia udah jelas banget tuh..

      Naik kereta Bekasi-Kota turun stasiun Manggarai, lalu oper naik kereta Bogor.

       
  12. amalia elok

    September 19, 2014 at 10:32 pm

    mba mau tanya.mohon dbantu arahannya ya hee.saya ada rncana naik krl 2mngguan lagi.saya dri jawa ke jkt naik kreta trun psar senen.klo mau ke kebayoran saya liat rute hrus ke tnah abang dlu.dri senen ke tanah abang bisa dtmpuh naik taxi jauh ga?trus dari kebayoran bisa lgsung naik krl ke tanah abang mba? mohon scpatnya dbls ya mba.

    terimakasih sbelumnya🙂

     
    • naningisme

      September 20, 2014 at 2:12 pm

      Mbak Amalia, pada dasarnya sih kalo di Jakarta hampir seluruh jarak itu “dekat”, tapi macet yang bikin semuanya gak mudah. Ada yang jaraknya cuma 500 m tapi macetnya bisa 1 jam😦

      Anyway, kembali ke pertanyaan, kalau barang bawaan mbak Amalia gak banyak, dari stasiun Senen bisa naik bajaj atau ojek ke stasiun Gondangdia. Naik kereta dari situ. Memang sih agak ribet sedikit, seperti naik-turun tangga stasiun dan oper (ganti) kereta.

      Dari Gondangdia naik KRL jurusan Bogor/Depok/Bekasi (apa aja bisa), turun di Manggarai. Lalu, naik KRL ke Tanah Abang, baru kemudian naik KRL Serpong – turun di Kebayoran. Peta bisa diliat di artikel yang judulnya “Jalur Warna-Warni Rute KRL Jabodetabek”. Oya, jangan lupa, pas beli tiket langsung bilang nama stasiun tujuan.

      Tapi, kalau mau naik taksi dari Senen ke Tanah Abang sih bisa aja. Soal jarak, gak begitu jauh, gak lebih dari 10 km. Lama perjalanan by taksi sekitar 30-60 menit (tergantung macet apa enggak), ongkos sekitar Rp50.000-an. Mudah-mudahan membantu🙂

       
      • amalia elok

        September 21, 2014 at 10:52 pm

        mkasih mba sblmnya.tnya lagi ya mba hee.kalo dri pasr senen naik krl langsung ke tanah abang bisa ga ya mba?

        mkasih

         
      • naningisme

        September 22, 2014 at 9:40 am

        Bisa sih, mbak. Nanti naik KRL Jatinegara-Depok/Bogor turun di stasiun Tanah Abang. Nanti tinggal ikuti rute kuning (kalo liat peta rute). Tapi perjalanan kereta dan waktu tunggunya agak lama, karena harus memutar.

        Kalau mau cepat, bisa ke stasiun Gondangdia, seperti yang udah saya uraikan sebelumnya🙂

         
  13. Helda

    September 24, 2014 at 6:03 am

    Mba, rmh saya di Bogor dan tempat kerja baru saya di Jl Pramuka Jakarta. Kalo dr stasiun Bogor mau ke stasiun Kramat biar waktunya lebih cepat, apakah bisa naik jurusan Jatinegara turun di stasiun Manggarai, kemudian naik lagi jurusan Bekasi turun di stasiun Jatinegara, kemudian naik lagi jurusan Bogor turun di stasiun Kramat. Begitupun pulangnya. Bisa kah seperti itu Mba? Apakah lbh hemat waktu? Dan untuk tarif hny sekali cukup stasiun Bogor ke stasiun Kramat ya? Mohon petunjuknya Mbak. Mks

     
    • naningisme

      September 24, 2014 at 11:09 am

      Halo mbak Helda, banyak alternatif. Seperti yang mbak tulis, dari Bogor naik kereta apa aja (jurusan Kota/Tanah Abang) turun Manggarai, oper kereta Bekasi, turun Jatinegara, baru ke arah Kramat. Tapi, bisa juga naik kereta jurusan Kota turun di Cikini. Nah, dari depan stasiun Cikini bisa naik Kopaja 502 (Tanah Abang-Kp Melayu) turun di perempatan Salemba-Matraman-Pramuka, trus oper Metromini 46 (Kp Melayu-Pulogadung) atau Metromini 49 (Manggarai-Pulogadung) turun Pramuka. Ntar bisa dicoba aja mana yang lebih nyaman🙂

      Yup, untuk tarif kereta bilang aja stasiun tujuan. Tapi, kalau sering naik kereta mending beli tiket Multitrip. Atauuu.. kalo punya e-Money Bank Mandiri, Brizzi BRI, Flazz BCA, atau TapCash BNI bisa digunakan. Ntar tinggal aktivasi sekali di stasiun, selanjutnya tinggal pakai kayak tiket Multitrip.

       
      • Helda

        September 24, 2014 at 3:14 pm

        Baik Mbak…. Terimakasih infonya Mbak. Sangat berguna sekali.

         
  14. haningkartika

    September 26, 2014 at 11:51 am

    mbak tanya, kalo dari salemba tengah mau ke poris naik krl gimana ya caranya? stasiun terdekatnya apa? apa perlu oper oper? maklum baru 1 minggu di jakarta jadi belum kenal tempat hihihihihihi.
    Terimakasih mbak

     
    • naningisme

      September 26, 2014 at 1:01 pm

      Kalau stasiun terdekat dari Salemba Tengah itu stasiun Kramat.

      Untuk selanjutnya mbak Haning bisa cek di rute KRL (ada kok link-nya di atas), trus di-download dan disimpen di HP biar gak bingung🙂

      Dari stasiun Kramat naik KRL turun Jatinegara, oper kereta Bekasi-Kota turun Manggarai. Lalu dari Manggarai naik kereta jurusan Tanah Abang turun stasiun Duri. Dari stasiun Duri naik kereta Tangerang turun Poris.

       
      • haningkartika

        September 26, 2014 at 1:24 pm

        saya baru liat rutenya, hehehe. kalo berdasarkan rute kan ada kereta dari kramat ke duri, kalo pake rute itu bisa gak ya mbak? pake yang jalur kuning, biar opernya cuma sekali. hehehe
        Makasih sebelumnya mbak

         
      • naningisme

        September 26, 2014 at 1:49 pm

        Bisa, mbak. Cuma memang sedikit lama waktunya (karena memutar). Sekalian jalan-jalan menikmati perjalanan KRL hehehe..

        Enjoy!

         
  15. haningkartika

    September 26, 2014 at 2:22 pm

    okeeee, makasih mbak brarti ada 2 alternatif. siiiip, sangat membantu.🙂

     
  16. Nissa

    October 3, 2014 at 7:19 pm

    mba kalo dari stasiun bogor ke palmerah rutenya gimana ya? kira2 berapa lama dr bogor sampai palmerah?

     
    • naningisme

      October 4, 2014 at 2:17 am

      Biar lebih mudah, Nissa download aja peta rute KRL Jabodetabek. Link udah disediakan di atas, atau kalo gak klik judul “Jalur Warna-Warni Rute KRL Jabodetabek” yang ada di blog ini. Udah jelas banget.

      Kalau untuk prediksi waktu, saya nggak bisa kasih prediksi. Karena bisa aja waktu tunggu kereta lama🙂

       
      • Nissa

        October 4, 2014 at 10:14 am

        oh iya makasih mba, kalo boleh tau abis dari stasiun palmerah harus naik apa buat ke daerah palmerah utara slipi?

         
      • naningisme

        October 4, 2014 at 12:35 pm

        Waduh, maaf, aku kurang tau, mbak. Mungkin ada pembaca yang bisa bantu?

         
  17. ANITA

    October 7, 2014 at 10:20 am

    Mba bertanya donzzzz…. kalo dari stasiun kranji ke jl pramuka tepatnya Gedung IS Plaza naik apa yah mba? Mohon bantuannya yah

     
    • naningisme

      October 7, 2014 at 6:35 pm

      Kalo dari Kranji naik aja KRL jurusan Kota turun stasiun Cikini. Nah dari depan stasiun Cikini naik Kopaja 502 turun perempatan Pramuka-Salemba-Matraman, trus oper Metromini yang jurusan Pulogadung. Ntar tanya aja sama keneknya IS Plaza di mana. Saya lupa patokannya😀

       
  18. dita_nei

    October 9, 2014 at 7:38 am

    mbak, tanya donk…klo dari depok baru langsung ke sudirman bisa naek kereta jurusan tanah abang ya? ga’ mesti harus tukar/oper kereta khan mbak? mksh

     
  19. nugginugraha

    October 14, 2014 at 9:41 am

    mba aku mau nanya…
    aku baru kerja di jakarta mba, dan masi buta peta jakarta..
    nah setelah googling aku dapet blog mba nih, saya baca detail banget. tapi aku penasaran mau nanya aja, kebetulan aku kos di jatinegara.. kantor aku di wisma 46 BNI, aku pake kreta dari jatinegara.

    nah jurusanya kan berarti ke depok atau bogor kan ya mba??
    deketan turun di sudirman apa di manggarai ?
    terus kalo bisa share jadwal keberangkatanya mba …
    sepertinya transportaasi krl lebih enak dari pada busway🙂 . .

    mohon reply ya mba . .

    terimakasih ..

     
    • naningisme

      October 14, 2014 at 9:15 pm

      Hai Nugi. Yup, betul. Nanti kau nanti kereta jurusan Depok/Bogor. Enak tuh, kau melawan arus. Jadi gak terlalu padat pas berangkat dan pulang🙂

      Nanti kau turun stasiun Sudirman aja. Deket banget tuh ama Wisma BNI 46. Dari stasiun juga keliatan hehehe.. Untuk tahap awal, kau naik ojek aja dulu. Sekalian “mengukur kemampuan”, bisa gak ditempuh jalan kaki dari stasiun ke kantor.

      Untuk jadwal kereta bisa cek di tulisanku “Cek Posisi KRL dari Ponsel”.

       
      • nugginugraha

        October 14, 2014 at 9:35 pm

        Okeyy mba, terimakasih infonya sangat berguna bagi saya … 👏

         
  20. Gebby

    October 17, 2014 at 3:01 pm

    Mba, kalo dr pondok ranji ke bogor, saya bagusnya transit dimana ya? Tanah abang/ duri? Makasi mba.

     
  21. Eko Wibowo

    October 20, 2014 at 6:36 am

    Pagi mba, akhirnya ketemu juga sama page ini. Saya agak blank sm jalur transportasi melalui kereta. Mohon arahannya ya mba🙂

    Kalo aku mau naik kereta dari stasiun bekasi menuju Emporium Pluit gimana ya mba ? Dan saya harus bayar berapa utk kartu nya ?

    Terima Kasih

     
    • naningisme

      October 21, 2014 at 3:13 pm

      Stasiun terdekat menuju ke mal Emporium Pluit itu Stasiun Kota. Nanti kamu bisa nyambung busway. Atau bisa juga nyambung naik bajaj/ojek bayar sekitar 15-20rb.

      Dari stasiun Bekasi naik aja KRL jurusan Kota. Untuk tarif silakan menghitung sendiri dengan cara yang sudah ada di tulisan. Gampang kok cara ngitungnya. Thanks🙂

       
  22. nonis

    October 23, 2014 at 7:25 pm

    Haloo mbak makasih banget infonya berguna bgt…maaf ni mau ngerepotin lagi..sya udh coba ba a jalur krl tpi masih agak bingung dengan jalur kalau mau ke salemba dari bintaro dan sebaliknya. Paling enak lewat mana ya ? Makasih bgt ya🙂

     
    • naningisme

      October 25, 2014 at 10:32 pm

      Halo Nonis,

      Biar gak bingung, kita sama-sama coba baca peta KRL Jabodetabek ya.. Udah tersedia di artikel “Jalur Warna-Warni Rute KRL Jabodetabek”, di artikel di atas juga udah ada link-nya. Semua lengkap.

      Rute kereta ditunjukkan dengan warna berbeda. Di peta ada warna kuning/oranye, merah, biru, coklat, dsb. Wilayah Bintaro berada di jalur Hijau (tergantung Nonis nanti mau berangkat/turun di stasiun apa). Sedangkan wilayah Salemba, stasiun terdekatnya ada Sentiong (jalur kuning) atau Cikini (jalur merah dan biru).

      Baca, pelajari, dan pahami dengan baik. Sebenarnya nggak ada alasan buat gak bisa baca peta🙂

      Alternatif 1: Dari stasiun keberangkatan di Bintaro ikuti jalur hijau, turun stasiun Tanah abang, oper kereta jalur kuning ke arah Jatinegara, turun di stasiun Sentiong, naik ojek/bajaj sampe Salemba.

      Alternatif 2: Dari stasiun keberangkatan naik jalur hijau, turun stasiun Tanah Abang, oper kereta jalur kuning ke arah Manggarai. Di stasiun Manggarai tinggal oper jalur merah/biru, turun Cikini, naik ojek/bajaj/kopaja sampe Salemba.

      Kamu coba aja alternatif di atas, nanti ketauan mana yang paling nyaman buatmu.

       
  23. endah

    October 26, 2014 at 3:42 pm

    Mbak mau tanya nih, klo mau ke pasar pagi kota dari sudimara turun ditenabang trus naik yg kereta mana lagi ya

     
    • naningisme

      October 29, 2014 at 12:29 pm

      Mbak Endah, nanti dari Sudimara turun Tenabang naik kereta ke Manggarai (cuma 2 stasiun). Nanti di Manggarai oper kereta ke stasiun Kota.

       
  24. agung

    October 28, 2014 at 11:40 am

    permisi mau tanya, kalo dari jatinegara ke depok baru, harus pindah kereta di manggarai dulu atau gimana ya? saya baru di jabodetabek,. baca peta madih bingung pindah kereta di stasiun mana

     
    • naningisme

      October 29, 2014 at 12:27 pm

      Kalau dari Jatinegara ke Depok Baru nggak perlu turun di Manggarai, mas. Langsung saja🙂

       
  25. fery hidayat

    November 1, 2014 at 6:57 am

    klo mau ke stasiun duri dr jl.kyai tapa masuknya lewat mana ya ??pencerahannya dong..

     
    • naningisme

      November 1, 2014 at 7:05 am

      Waduh mas, kalo untuk urusan masuk stasiun, saya nggak ngerti.. Mungkin bisa tanya tukang ojek atau pedagang dekat situ.

       
  26. pardi

    November 8, 2014 at 4:15 pm

    hallo mbak, met sore mau tanya nih kalau saya naik dari stasiun citayam tujuan pasar snen ada yg langsung atau harus transit, trims

     
    • naningisme

      November 10, 2014 at 1:51 pm

      Dari Citayam naik KRL tujuan Jatinegara. Tapi gak bisa turun di stasiun Ps Senen (berjalan langsung). Bisa turun di stasiun Sentiong (satu stasiun setelah Senen), lalu naik ojek/bajaj atau naik kereta arah sebaliknya.

       
  27. agus

    November 10, 2014 at 5:32 pm

    Mbak mau nanya, kl dari stasiun jatinegara mau ke kantor regional V BKN Jl. raya Ciracas No. 36 Jaktim rute angkutannya apa aja y ? / klo naik taksi turun dimana + kira2 ongkosnya brp ya mbak? tks…

     
    • naningisme

      November 13, 2014 at 3:28 pm

      Coba nanti mas Agus turun stasiun Cawang lalu naik TransJakarta koridor VII (Kp Rambutan-Kp Melayu), ke arah Kp Melayu. Nanti ada halte BKN pas di depan gedung BKN.

      Untuk naik busway sekarang harus pakai e-money, harganya Rp40.000 yang berisi nominal Rp20.000. Tapi, kalau udah punya e-money Bank Mandiri, Brizzi BRI, Tap Cash BNI bisa langsung tag di gate busway. Kartu-kartu itu juga bisa dipake untuk naik KRL.

       
  28. infonitas.com

    November 20, 2014 at 4:55 pm

    informasi nya bermanfaat sekali untuk penguna KRL Jabodetabek pemula.
    informasi megapolitan terupdate klik di:

    http://www.infonitas.com

     
  29. jon

    November 23, 2014 at 3:45 pm

    mbak, kalau dari depan stasiun senen mau ke BKN V , jln raya ciracas, berapa kali naik angkot ya dan angkot apa aja. Jika naik taxi, kira2 harganya berapa ya,trims

     
    • naningisme

      November 24, 2014 at 11:29 am

      Maaf saya kurang tahu untuk informasi yang ditanyakan. Kalau naik kereta, dari stasiun Ps Senen turun stasiun Cawang, lalu naik busway turun halte BKN. Jurusan busway bisa tanya ke petugas. Thanks.

       
  30. irwan

    November 28, 2014 at 11:26 am

    Thanks infonya mbak , oh ya saya baru di bogor , kalo dari bogor ke stasiun poris gimana ya mbak .

     
    • naningisme

      November 28, 2014 at 12:00 pm

      Dari Bogor naik KRL Jatinegara (sering disebut “kereta Tanah Abang” soalnya lewat stasiun TA) turun di stasiun Duri. Lalu, oper ke kereta Tangerang dan turun di stasiun Poris.

       
  31. Dewi

    December 1, 2014 at 9:18 am

    berarti kalau dari tanjung barat ke gambir harus pindah kereta di manggarai ya

     
    • naningisme

      December 2, 2014 at 11:20 am

      Nggak dong.. Kalo naik KRL jurusan Kota tetap aja, nggak perlu pindah kereta di Manggarai. Kecuali mbak Dewi dari Tj Barat naik kereta Tanah Abang.

      Tapi, sekarang KRL tidak berhenti di Gambir. Jadi mbak Dewi bisa turun di Gondangdia atau Juanda – lalu lanjut naik taksi/ojek/bajaj.

       
  32. eni

    December 22, 2014 at 3:32 pm

    selamat sore mba, mba saya mau tanya karna saya termasuk pemula untuk menggunakan transportasi kereta, kalau saya dari rasuna said mau ke stasiun citayam itu apakah dari stasiun sudirman bisa atau lebih baik dari stasiun manggarai ? lalu apakah saya harus transit dan pindah kereta pada saat di perjalanan ? mohon infonya ya mba.. terima kasih..

     
    • naningisme

      December 24, 2014 at 12:29 pm

      Kalau dari Rasuna Said (Kuningan), stasiun terdekat ada banyak pilihan: Sudirman, Gondangdia, atau Manggarai. Nanti bisa tanya dengan orang kantor/teman mbak Eni (berkaitan dengan akses termudah ke stasiun).

      Kalo ke Citayam tinggal naik KRL Bogor. Gak perlu transit/pindah kereta.

       
      • novian mardyaningsih

        December 25, 2014 at 5:16 pm

        Mba kalau dari pasar anyar ke jurang mangu apa mesti transit ? Bisa tolong rutenya gak mba terima kasih

         
      • naningisme

        December 30, 2014 at 7:30 am

        Maaf saya kurang paham. Mungkin ada pembaca blog yang bisa bantu?

         
  33. Taras Bistara

    December 26, 2014 at 10:12 am

    mbak,, aku dari jogja turun dari pasar senen nah dari pasar senen ingin ke st parung panjang,, itu kan naik krl jurusan bogor yah,, jalur oren, turun di tanah abang.. nah pas saya ingn lanjut ke parung pannjang,, itu di tanah abangnya gmana ya,,
    mkasih banget yah jawabannya,, semoga sukses

     
    • naningisme

      December 30, 2014 at 7:23 am

      Dari stasiun Tanah Abang oper kereta Serpong (jalur hijau) turun di Parung Panjang.

       
  34. DIDIK

    December 28, 2014 at 2:53 pm

    asalamualaikum,..mba klo saya mau ke pluit hotel ashton mau naik kereta dari bintaro saya harus naik dari stasiun mana ya mba,..tolong pencerahannya,..trimakasih banyak mba,..:)

     
    • naningisme

      December 30, 2014 at 7:30 am

      Coba turun di stasiun Kota. Tapi nanti harus nyambung kendaraan lagi, seperti taksi atau ojek. Kalau mau kendaraan umum, misalnya TransJakarta, bisa tanya satpam stasiun. Maaf saya nggak hafal😦.

       
  35. lia

    December 31, 2014 at 6:44 pm

    Met mlm smuanya, minta infonya dunk, klo dr stasiun sudimara bisa langsung k stasiun senen gaa, makasihh infonya

     
    • naningisme

      January 1, 2015 at 10:14 am

      Bisa diliat di peta rutenya aja, mbak lia🙂

       
  36. rahmat

    January 5, 2015 at 10:38 pm

    kl mau ke UNJ dari stasiun parung panjang enakan turun dimana ?…

     
    • naningisme

      January 6, 2015 at 8:27 am

      Stasiun Pondok Kopi (Klender Baru) atau Buaran, ntar nyambung Metromini 47 turun depan UNJ persis.

       
      • rahmat

        January 7, 2015 at 7:13 pm

        saya baca di sebuah web turun di senen naik metromini 49 (manggarai-pulogadung)… kl di google maps turun di manggarai terus naik metromini 49… lebih cepat yang mana kah ?…

         
      • naningisme

        January 7, 2015 at 9:34 pm

        Maaf saya nggak tau🙂

         
    • arif

      January 19, 2015 at 8:44 pm

      mending turun di stasiun sudirman, trus sambung naik busway yang ke arah pulogadung/tu gas, turun di halte UNJ (kampus A)/Velodrome (kampus B). Kalo arah sebaliknya mendingan naik dari stasiun manggarai, kalo ke stasiun sudirman, lama lagi

       
    • arif

      January 19, 2015 at 8:49 pm

      caranya, dari stasiun parung panjang naik krl jurusan tanah abang, di tanah abang, transit dan naik krl tujuan Manggarai/Depok/Bogor, turun di stasiun sudirman. jaraknya cuma 2 stasiun dari stasiun tanah abang.

       
      • naningisme

        January 20, 2015 at 9:35 am

        Weits, mantap. Makasih sharing-nya mas Arif. Semoga menjawab pertanyaan mas Rahmat dan pembaca lainnya yaaa..🙂

         
    • arif

      April 6, 2015 at 9:21 am

      arah perginya, biar gak lama, turun stasiun sudirman, trus jalan dikit ke halte dukuh atas 2, naik busway yang jurusan Tu Gas/Pulogadung, turun di halte UNJ atau Velodrome. kalo arah baliknya, biar gak lama, naik busway dari halte UNJ/Velodrome, turun di halte Manggarai, jalan dikit ke stasiun Manggarai (lewat terowongan), naik krl arah Duri/Kampung Bandan/Jatinegara, transit di Tanah Abang, trus naik lagi krl yg ke parung panjang

       
  37. gita

    January 6, 2015 at 11:27 am

    Kalo mau kekuningan dari bogor turun dimana ya mba

     
    • naningisme

      January 6, 2015 at 12:55 pm

      Kuningan itu luas. Bisa dijangkau dari stasiun Sudirman, Gondangdia, Tebet, atau Cawang.

       
  38. Deni R

    January 10, 2015 at 7:35 pm

    kalo dari utara ke ciracas turun dimana ya?

     
    • naningisme

      January 11, 2015 at 7:13 am

      Stasiun Jatinegara.

       
      • Ardisa

        January 13, 2015 at 10:40 pm

        Hai mbaa mau tanya, aku ga pernah naik kereta sama sekali jd bingung bgt. Kalo dari bintaro mau ke salemba, jalurnya gimana yaa? Thanks a lot!

         
      • naningisme

        January 13, 2015 at 10:54 pm

        Di peta rute, lihat jalur hijau. Warga Bintaro bisa naik dari stasiun Sudimara, Jurang Mangu, atau Pondok Ranji — tergantung dari mana terdekat. Turun di stasiun Tanah Abang (transit), oper kereta jalur oranye ke arah Manggarai.

        Trus dari Maggarai naik kereta jurusan Kota, turun di stasiun Cikini. Dari depan stasiun Cikini bisa naik ojek, bajaj, Kopaja 52, atau jalan kaki juga bisa🙂

        Jangan lupa, waktu naik dari stasiun awal bilang ke petugasnya turun di stasiun Cikini. Bayar tiket cukup sekali (meski oper kereta berkali-kali).

         
  39. fani

    January 14, 2015 at 3:11 pm

    Selamat sore mbak.
    Mau tanya kalo dr stasiun bogor ke stasiun pasar senen, itu liat yg jalur kuning aja kan ya?
    Trus itu kira kira brp lama perjalanan ya?
    Trimakasih mbak🙂

     
    • naningisme

      January 14, 2015 at 10:41 pm

      Iya. Tapi kalo perjalanan dari Bogor gak berhenti di stasiun Senen. Silakan baca penjelasan lebih lengkap di jawaban-jawaban pertanyaan sejenis. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

       
  40. Gandha Vikri Pranata

    January 16, 2015 at 5:39 pm

    Ini dia info yang saya cari.
    Terimakasih banget mbak, saya belum pernah sama sekali naik KRL, mau coba, tapi denger sistem tiket kereta seperti itu dari teman2, saya gak ngerti.
    Akhirnya searching, dan nemu artikel ini deh.
    Sekarang saya jadi ngerti.
    Terimakasih mbak😀

     
    • naningisme

      January 17, 2015 at 8:22 pm

      Terima kasih juga udah berkunjung ke blog saya, mas Gandha. Senang bisa berbagi pengalaman. Enjoy your trip😀

       
  41. Juna

    January 26, 2015 at 4:48 pm

    mau tanya dong, KRL dr St. Senen ke St. Kebayoran Lama gimana ya rutenya? untuk jam 11 malam. pls info. Makasih.

     
    • naningisme

      January 29, 2015 at 10:58 am

      Tinggal ikutin jalur oranye sampe Tanah Abang, trus ganti jalur hijau. Tapi, kalo jam 23 aku nggak yakin masih ada kereta di jalur hijau😦

       
  42. abi

    January 29, 2015 at 6:34 pm

    mbak, saya dari cawang mau ke pondok ranji. itu emang tinggal di oper di tanah abang atau ada rute lain mbak? makasih ya mbak infonya :”)

     
    • naningisme

      January 29, 2015 at 10:35 pm

      Rutenya itu aja sih..🙂

       
  43. irma

    February 1, 2015 at 2:58 pm

    Mba saya mau nanya. Kalo dari bogor mau ke lebak bulus jakarta selatan itu naik keretanya turun di stasiun mana ya? Bisa langsung atau transit? Trus untuk pulang ke bogornya lagi rutenya seperti apa? Sejujurnya saya ga ngerti karena blm pernah naik kereta hehe mohon penjelasannya mba:) terima kasih

     
    • naningisme

      February 3, 2015 at 3:49 pm

      Hmm.. agak susah kalo ke Lebak Bulus. Stasiun terdekat di Kebayoran Baru. Bisa dicek di peta rute KRL Jabodetabek untuk arah perjalanannya🙂

       
    • arif

      February 22, 2015 at 8:37 pm

      bisa, kalo mau ke lebak bulus bisa turun di stasiun kebayoran (jaraknya cuma 2 stasiun setelah tanah abang ke arah serpong/parungpanjang/maja/rangkasbitung), terus sambung naik busway jurusan harmoni-lebak bulus dari halte pasar kebayoran lama ke arah lebak bulus, turun di halte lebak bulus (halte terakhir)

       
      • naningisme

        February 22, 2015 at 9:56 pm

        Sip. Thanks sharing infonya, mas Arif. Untuk mbak Irma, mudah-mudahan jawaban tadi membantu🙂

         
    • arif

      February 22, 2015 at 8:44 pm

      caranya, dari bogor, naik krl tujuan duri/kampung bandan/jatinegara (ada yg sampe jatinegara, ada juga yg cuma sampe kampung bandan, dan ada juga yang cuma sampe duri. silahkan pilih salah satu yang lebih dulu berangkatnya, dan yang pasti, ketiganya berhenti di stasiun tanah abang), turun dan transit di stasiun tanah abang, naik krl tujuan serpong/parung panjang/maja (ada yang sampai maja, ada yang hanya sampai parung panjang, dan ada juga yang hanya sampai serpong. silahkan pilih salah satu yang lebih dulu berangkatnya, dan yang pasti, ketiganya berhenti di stasiun kebayoran), turun di stasiun kebayoran, kemudian jalan kaki ke halte Pasar Kebayoran Lama, naik busway jurusan harmoni-lebak bulus ke arah lebak bulus, turun di halte lebak bulus (halte terakhir)

       
      • naningisme

        February 22, 2015 at 9:55 pm

        Thanks, mas Arif.

         
  44. etty

    February 3, 2015 at 2:23 pm

    mba mau nanya, rencana kan tgl 7 feb ini mau ke tebet, tp dr st jatingara mau ke bogor dulu. dr bogor baru ketebet. tolong infonya pliss ya mba.
    1. kalo dr st. jatinegara mau ke dramaga bogor naik apa ya mba ?
    2. trus kalo dr dramaga bogor mau ke tebet raya naik apa ya mba ? makasih mba sblmnya

     
    • naningisme

      February 3, 2015 at 3:53 pm

      1. Naik KRL tujuan Bogor
      2. Naik kereta jurusan Kota/Jatinegara turun stasiun Tebet.

       
  45. Athif

    February 6, 2015 at 10:02 am

    mbak mau tanya, kalau mau ke pasar senen, dari stasiun bogor gimana ya? terus kita bisa tahu jadwal keberangkatan, sama kereta itu turun distasiun mana aja bisa tahu dari mana? terimakasih jawabannya. salam kenal..

     
    • naningisme

      February 9, 2015 at 4:19 pm

      Sudah sering saya jawab pertanyaan seperti ini. Silakan pelajari artikel dan komen2 sebelumya. Thanks.

       
  46. Mutiara Pratiwi H. M.

    February 8, 2015 at 12:46 am

    Assalamualaikum mba, saya kan rencananya mau ke tangerang dr stasiun Bogor. Berarti saya cukup naik KRL jatinegara turun di duri terus oper kereta ke tangerang. Nah pada saat pembelian tiket di stasiun Bogor, saya harus bilang tujuan akhir yaitu Tangerang atau stasiun transit yaitu Duri? Terima kasih.

     
    • naningisme

      February 9, 2015 at 4:21 pm

      Untuk pembelian tiket sebutkan stasiun tujuan Anda – bukan stasiun transit atau stasiun tujuan akhir kereta.

       
  47. Dodikardhita

    February 8, 2015 at 10:58 am

    Siang mbak..,
    Saya bsk rabu baru mengijakan kaki di jakarta.,🙂
    Mau tanyak kalau dari Stasiun Pasar Senen mau ke tebet naik KRL jurusan apa ya..,?
    Mkasih

     
    • naningisme

      February 9, 2015 at 4:23 pm

      Dari stasiun Senen naik kereta jurusan Bogor/Depok (yang emang satu-satunya KRL yang lewat Senen), turun stasiun Tebet.

      Silakan download peta rute perjalanan KRL, save di HP. Welcome to Jakarta.

       
  48. bella

    February 10, 2015 at 4:28 am

    Selamat pagi mba.mau nanya kalo mau pesan tiket krl caranya gmn ya…trimah ksh

     
    • naningisme

      February 10, 2015 at 7:52 am

      Beli tiket sekali jalan (single trip) maupun tiket multitrip KRL langsung ke loket aja.

       
  49. Hanna

    February 11, 2015 at 3:33 am

    Mba, saya naik Kereta Api jurusan Pasar Senen. Nah saya mau turun di Jatinegara supaya bisa lanjut ke Duri dan ke Tangerang. Benar gak ya? Kira kira ongkos krl nya jadi berapa ya mba? Saya benar benar baru soalnya. Terimakasih ya sebelumnya🙂

     
    • naningisme

      February 11, 2015 at 7:23 am

      Mbak Hana berangkat dari mana mau ke mana? Saya agak kurang jelas utuk stasiun keberangkatannya.

      Untuk ongkos KRL nanti bisa tanya langsung ke petugas. Yang jelas untuk 5 stasiun pertama dihitung Rp2000, trus kelipatan 3 stasiun berikutnya Rp500.

       
  50. travelinghematnusantara

    February 11, 2015 at 2:41 pm

    mbak kalo dari stasiun pondok ranji ke sawah besar harus ganti kereta di tanah abang dan manggarai kan? thanks

     
  51. Hanna

    February 11, 2015 at 7:06 pm

    Saya dari Pasar Senen mau ke Tangerang mba. Saya harus ke Jatinegara dulu ya? Dari Jatinegara ada yg langsung ke Duri mba? Atau turun di Kampung Bandan?

     
  52. Ririn Hidayati

    March 10, 2015 at 5:23 am

    Mba numpang nanya hehe kalo saya dari kuningan mau ke stasiun pondok ranji atau stasiun sudimara , naik kerera nya gimana ?? Mohon bantuannya ya mba . Makasiih

     
    • naningisme

      March 10, 2015 at 7:49 am

      Kalo dari Kuningan bisa ke stasiun Cawang, Tebet, atau Gondangdia – tergantung mana yg lebih deket aksesnya. Dari situ nanti naik kereta jurusan Tanah Abang (jalur oranye – liat peta rute), oper kereta jurusan Serpong (jalu ijo). Lalu, turun Pd Ranji atau Sudimara.

       
  53. agus

    March 11, 2015 at 12:03 pm

    Biasanya aku dari tegal ke tanah abang turun di jatinegara, terus pake bemo ke tanah abang.
    kali ini aku mau coba pake krl.
    lebih dekatnnya aku turun di jatinegara/ pasar senin?
    terus nanti pake KRLnya bagaiman?
    tolong ya mba…..

     
    • naningisme

      March 11, 2015 at 12:24 pm

      Dua-duanya bisa mas. Kalo liat di peta rute, kalo berangkat dari Senen tinggal naik kereta sekali aja (jalur oranye) turun Tanah Abang.

      Kalo dari Jatinegara, ada 2 alternatif. Naik jalur oranye (yg melewati Senen juga) atau naik jalur biru (ke arah Manggarai) lalu oper jalur oranye ke arah Tanah Abang.

      Kalo di jam sibuk (pagi-berangkat kantor atau sore-pulang kantor), mending naik dari jalur oranye dari Senen/Jatinegara karena melawan arus. Kalau oper di Manggarai, akan berebutan dengan mas2 dan mbak2 yang berkantor di Sudirman dsk. Semoga membantu.

       
      • agus

        March 18, 2015 at 8:52 am

        terima kasih sekali kak…….

         
  54. Rengga

    March 19, 2015 at 8:06 am

    Mbak saya kan mau ke tanggerang. Dari kota saya harus naik kereta dan tujuan terakhir kereta saya di stasiun pasar senen. lalu untuk ke tanggerang saya harus turun dimana mbak sebaiknya? pasar senen atau jatinegara saja?
    terima kasih

     
    • naningisme

      March 20, 2015 at 1:40 pm

      Lah, tujuannya ke Tangerang atau ke Senen?

      Coba liat di peta rute KRL deh, kalo mau ke Tangerang dari Kota itu naik kereta Bekasi (jalur biru) atau Bogor/Depok (jalur merah) turun di Manggarai. Transit di situ trus naik kereta Tanah Abang/Jatinegara (jalur oranye) turun di Duri. Baru kemudian naik kereta Tangerang (jalur cokelat).

       
  55. Kusmaedi Fadli

    March 19, 2015 at 1:56 pm

    Siang mba, saya orang baru Di Jakarta, saya mau menanyakan perjalan dari Depok Ke Bintaro jika menggunaka Comuter Line bisa tidak mba? mohon bimbingannya ya..

    Terimakasih atas waktunya, ditunggu informasinya mba.

     
    • naningisme

      March 20, 2015 at 1:42 pm

      Bisa. Nanti dari Depok turun di stasiun Jurangmangu atau Pondok Ranji.

      Alurnya seperti apa, sudah saya jelaskan secara mendetail di tulisan. Silakan dibaca lagi🙂

       
  56. herlyn

    March 20, 2015 at 3:06 am

    Maaf mbak numpang tanya karena saya bingung, gini mbak kalau dri pasar senen ke arah bsd convention center(yg utk konser itu) naik KRL apa yaw mbak??
    Terima kasih sebelum nya

     
    • herlyn

      March 20, 2015 at 3:11 am

      Mbak mohon info nya yaw soalnya ak dri solo naik kereta bengawan mau ke arah tangerang tepatnya bsd(yang untuk konser itu) nah itu aku turun pasar senen trs naik KRL, nah KRL turun dimana yaw mbak?? / atau aku turun di ciledug,mohon infonya mbak terima kasih

       
      • naningisme

        March 20, 2015 at 1:45 pm

        Nanti turun stasiun Rawa Buntu (line hijau).

        Lihat peta: dari line oranye oper di tanah abang, ganti line hijau.

         
    • naningisme

      March 20, 2015 at 1:43 pm

      Wah, nggak tau saya.. maaf.

       
    • ara

      March 30, 2015 at 8:05 am

      turun di stasiun Cisauk 🙂

       
  57. Syarifudin

    March 21, 2015 at 11:20 am

    Mbak kalau mau ke satasiun cawang,baiknya turun di stasiun mn y kl di Jkrta. Jatinegara,Jkt kota,Pasar senin,atau mn?

     
    • naningisme

      March 24, 2015 at 7:55 am

      Dari mana mas? Selama terkoneksi dengan KRL, bisa menuju stasiun Cawang. Tinggal ikutin rutenya aja.

       
  58. ari

    March 27, 2015 at 11:07 am

    siang mba, mo nanya klo misalnya dua org pke 1 kartu multitrip itu denda nya brp ya?

     
    • naningisme

      March 29, 2015 at 12:10 pm

      Gak bisa dong. Gak bakal bisa masuk peron.

       
  59. maya

    March 27, 2015 at 10:40 pm

    mba mau tanya dong, kalo dr st. bekasi ke st. ui depok rute keretanya gmn ya ?

     
    • naningisme

      March 29, 2015 at 12:10 pm

      Tinggal liat peta rute. Nanti dari bekasi, transit manggarai, naik kereta bogor/depok, turun UI.

       
  60. ara

    March 30, 2015 at 8:18 am

    Hi Nani, mau nanya, apa ada jadwal KRL dari Stasiun Ciater (Tangerang) ke Stasiun Palmerah?
    Trims.

     
    • naningisme

      March 30, 2015 at 12:53 pm

      Hai, maaf saya nggak tau. Mungkin pembaca blog ada yang bisa bantu?

       
      • rettiany

        March 31, 2015 at 6:43 am

        wah informasinya sangat berguna sekali mbak, mohon maaf saya mau tanya kalau kita bayar tiket dari bogor untuk ke stasiun kota tapi d tengah perjalanan kita turun (misalnya st.pondok cina) apa kita harus membayar ulang tiket utk melanjutkan perjalanan menuju kota atau hanya tinggal melanjutkan perjalanan menuju kota tanpa membayar tiket lagi? terimakasih mbak

         
      • naningisme

        April 8, 2015 at 12:27 pm

        Selama gak keluar peron, gak perlu bayar.

         
  61. Anggi

    April 1, 2015 at 11:59 am

    Mbak saya mau tanya dong kalo mau ke citayam itu naik kereta rute bekasi-bogor transit ke manggarai bukan?

     
  62. bimo

    April 3, 2015 at 5:39 pm

    mba naning, mau tanya.
    kalau dari stasiun tebet ke tangerang, gmn tuh? transitnya kmn aja? tlng dibantu yaa

     
    • naningisme

      April 8, 2015 at 12:34 pm

      Tinggal transit di manggarai, naik kereta tanah abang ke duri, lanjutkan naik kereta tangerang. Udah sering dibahas nih🙂

       
  63. Yoriz Trianto

    April 4, 2015 at 6:03 am

    Mba, kalo saya dari stasiun bekasi ingin ke stasiun bogor gimana ya ? Saya baru pertama kali nih heheb ongkos krlnya kira2 berapa ya mba ?

     
    • naningisme

      April 8, 2015 at 12:34 pm

      Walah, udah sering dibahas mas. Tinggal transit di stasiun manggarai. Kalo ongkos, bisa tanya ke petugas loket🙂

       
  64. narni

    April 6, 2015 at 2:54 pm

    min mohon d bantu. sya pemula . klo dri stasiun tangerang kota mau ke stasiun pasar senen brp kali ganti kereta. trus di stasiun apa saja.

     
    • naningisme

      April 8, 2015 at 12:29 pm

      Bisa dilihat di peta rute KRL. Di situ sudah lengkap jalur dan stasiun transitnya.

       
  65. tri sasongko

    April 6, 2015 at 8:35 pm

    mbak sy dari madiun naik kerta ekonomi tujuan saya nanti mau naik krl jurusan poris turun di mana ya.
    ..thank you mbak

     
    • tri sasongko

      April 6, 2015 at 8:38 pm

      mbak saya mau tanya saya mesti turun di stasiun mana ya .?saya dari Madiun rencana mau naik krl tujuan poris.dan gimana ya caranya rute sy….makasih mbak

       
    • naningisme

      April 8, 2015 at 12:31 pm

      Coba pastikan dulu, kereta berakhir di stasiun Senen atau Kota. Nanti tinggal ikuti rute KRL yang udah saya sediakan. Poris itu di jalur coklat (rute Duri-Tangerang).

       
  66. amunxhenry

    April 10, 2015 at 9:25 pm

    Malam kak…saya mau tnya nie…saya baru datang dri jogja..posisi saya skrng ad di jurangmangu…saya bingung klau dari jurangmangu ke kamal muara,penjringan jak-ut naik ap ya???soalny ad intrview mndadak..
    Mohon infony jika kakak tahu…
    Terima kasih..GBU

     
  67. Maria Ichsani

    April 15, 2015 at 10:28 pm

    Salam kenal mbak. Blognya informatif sekali.
    Kebetulan saya nemu blog ini karena sedang nyari info angkutan ke Giant Kreo kalau dari Senen. Apakah bisa ditempuh dengan KRL jg mbak? Bagaimana rutenya?

     
  68. heru

    April 17, 2015 at 10:35 am

    Mba maaf saya mau tanya?
    Ada ga tujuan krl dari manggarai ke sukabumi?
    Makasih

     
  69. miskep

    April 17, 2015 at 1:57 pm

    Mbk tanya kalau dari stasiun bogor ke pasar senen rutenya gmn..mksh mbk sebelumnya

     
  70. Leonna

    April 19, 2015 at 11:08 am

    mbak saya mau nanya, kebetulan saya baru dijakarta.
    kemaren saya ikut job fair dan disuruh psikotest didaerah tangerang tepatnya di PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA , TBK jalan MH. THAMRON CIKOKOL TANGERANG.
    saya tinggal di jakarta selatan. kalau ke sana gimana yah mbak? naik kereta atau bis enaknya mbak?
    makasih sebelumnya mbak

     
  71. 311094

    April 23, 2015 at 12:49 pm

    ka saya mau tanya kalau mau ke sudirman untuk naik kereta dari stasiun jurang mangu nanty transitnya dimana ya?

     
  72. Ica

    April 24, 2015 at 10:23 am

    mbak naning kalau naik kereta api dari tanah abang yg ke serpong, dan tujuan akhirnya ke ciledug, sebaiknya turun di stasiun mana ya? makasih..

     
  73. Veeta Kusuma

    April 24, 2015 at 11:54 am

    Mbak aku mau tanya aku dari bandung turun di gambir..klo dari gambir mau ke serpong bisa gak naik krl??mohon informasinya?

     
  74. aroy

    April 29, 2015 at 6:50 pm

    mau tanya dong. kl dari bogor mau ke jakarta selatan naik kreta turun di stasiun apa ya. tujuan mau ke menara bidakara 2.
    jl. jendral gatot subroto kav 71-73 pancoran

     
  75. Runi Meisse

    May 1, 2015 at 11:36 am

    Mb naning kalo dari stasiun cawang mau ke stasiun ngrombo semarang gimana ya?
    Bisa gak?
    Mohon bantuannya

     
    • naningisme

      May 12, 2015 at 1:11 pm

      Wah ya nggak bisa. Kalau ke luar kota harus dari Stasiun Pasar Senen atau Gambir😀

       
  76. Ida Sayidah Coates

    May 7, 2015 at 5:43 pm

    wow keren ya di indonesia skg udah ada lrt ,atau mrt kayak singapore , aku jadi pingin coba naik ah kalau ke depok ke tanah abg ,

     
  77. Nia

    May 13, 2015 at 10:45 am

    maaf mba, saya mau menanyakan, kalau dari st.bekasi menuju st.kebayoran apakah ada pengoperan ?

     
    • naningisme

      May 15, 2015 at 6:30 pm

      yup. dari bekasi transit di manggarai, lalu naik kereta jurusan tanah abang/jatinegara, transit di tn abang untuk naik kereta serpong (turun di stasiun kebayoran).

       
  78. maul

    May 13, 2015 at 12:12 pm

    mbaa mau tanya dong, saya mau ke Tokopedia Kebon Jeruk, niatnya mau naik dari St,Depok Baru ke St.Kebayoran. Pake transit ga ya mbaa? Makasii

     
    • naningisme

      May 15, 2015 at 6:31 pm

      kalo dari depok ke kebayoran, naik kereta tanah abang/jatinegara transit di tanah abang untuk naik kereta serpong (turun kebayoran).

      kalo dari depok naik kereta jurusan kota juga bisa, tapi harus transit lagi di manggarai untuk naik kereta tanah abang (selanjutnya seperti yang di atas).

       
      • maul

        May 25, 2015 at 12:51 pm

        thank you mbaa

         
  79. myda

    May 28, 2015 at 11:15 am

    mbak kalau aku dari bekasi,kerjaku kan di prapanca..naik keretanya jurusan bekasi kemana dulu ya mbak yang paling mendekati untuk sambung bis..makasih ya mbak sebelumnya

     
  80. sapti

    June 4, 2015 at 5:30 pm

    mbak, saya dari jogja mau ke depok , mohon petunjuknya , apa KRL setiap jam ada ? kira 2 berapa wkt nya naik KRL itu . makasih mbak sebelumnya

     
  81. arwan bahtera

    June 9, 2015 at 8:54 pm

    malam min..
    mau tanya kalo saya dari stasiun poncol semarang naik kereta jurusan bekasi turun mana ya..
    selanjutnya mau ke ciracas..
    tolong dibantu

     
  82. Yudi

    June 10, 2015 at 10:10 am

    mba, kalau dari harapan indah bekasi naik kereta ke jogja, gmana ya?

     
  83. inddah

    June 14, 2015 at 4:11 pm

    Mba mau tanya dong, minggu depan aku mau ke bogor. Dan pengen coba naik KRL tp bingung. Kalo dari tangerang ke bogor gimana yaa rutenya? Makasih, reply ya mba

     
  84. weji

    June 17, 2015 at 8:35 pm

    mbak mau tanya saya mau ke stasiun pasar senen dari bekasi bisa gak pakai KRL.TKS

     
  85. Albert Reforman Gulo

    June 21, 2015 at 5:55 pm

    mbak..
    Kalau dari pasar senen ke tanggerang… gimana mbak ?

     
  86. aninda

    June 24, 2015 at 1:29 pm

    Min, mau tanya nih aku. Aku kerja daerah kuningan, kalo naik bus atau motor cape sekali. Aku mau pindah naik KRL saja. Untuk ke kuningan harus transit kemana aja ya ?
    Replay ya min. Makasih

     
  87. Pingki Setiyo

    June 24, 2015 at 8:27 pm

    mba mau tanya kalo dr kranji ke univ.gunadarma depok kita turunnya di stasiun mana? terus abis dr stasiun ke gunadarmanya naik apa? makasih

     
  88. Shofy anandya fitri

    June 27, 2015 at 10:27 pm

    Halo mbak, maaf saya mau nanya kalau dari daerah bogor mau ke jakarta selatan, tepatnya daerah jalan tb simatupang. Di stasiun mana ya yg paling deket ke daerah itu dari bogor, dan kalau mbak tau transport apa yg dari stasiun ke daerah itu ?

     
    • maul

      July 13, 2015 at 9:12 am

      naik KRL nnti turun di Stasiun Tj.Barat, kalo angkutan aku blm tauu hihi di browse yaa

       
  89. maul

    July 10, 2015 at 8:19 pm

    haloooo semuaa, mohon pencerahan dong, ke Wisma 77 dri Depok, pake kereta. blm tau turun di stasiun manaa. Terimakasiihhhh. ditunggu infonyaa

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: